Mom
·
21 September 2020 15:51

Kenapa Bayi Mudah Sakit saat Musim Hujan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenapa Bayi Mudah Sakit saat  Musim Hujan?  (879)
ilustrasi bayi sakit Foto: Shutterstock
Saat musim hujan tiba, umumnya orang tua cemas bayi tercinta akan jatuh sakit. Karena memang saat musim hujan, penyakit seperti batuk, pilek, hingga tifus dengan mudahnya hinggap ke tubuh si kecil.
ADVERTISEMENT
Tapi sebenarnya, kita dapat mencegah si kecil jatuh sakit bila kita memahami apa saja sebenarnya yang membuat bayi mudah sakit saat musim hujan. Ya Moms, coba simak 3 penyebab utama anak Anda bisa mudah terserang penyakit sebagaimana dijelaskan oleh dr. Kannya Fidzuno Sp.A:

1. Sistem imun bayi masih lemah

Kenapa Bayi Mudah Sakit saat  Musim Hujan?  (880)
Sistem imun bayi masih lemah sehingga mudah sakit Foto: Shutterstock
Sistem imun anak di bawah 1 tahun tidak sekuat orang dewasa lho, Moms. Tubuh mereka belum mampu melawan bakteri. Maka dari itu, bayi jadi lebih mudah sakit.
"Setiap dia lagi melawan bakteri, dia demam, jadi diasumsikan kalau demam anaknya sakit," ujar Dr Kanya Fidzuno saat dihubungi kumparanMOM beberapa waktu lalu.

2. Kekurangan nutrisi

Kenapa Bayi Mudah Sakit saat  Musim Hujan?  (881)
Ilustrasi bayi menangis saat makan Foto: Shutterstock
Tak hanya menyebabkan tumbuh kembang si Kecil terhambat, kekurangan nutrisi juga bisa melemahkan sistem imun tubuh sehingga si Kecil lebih mudah sakit, Moms. Sebab, saat nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi dengan baik, proses alami yang berlangsung di tubuh akan mengalami perlambatan, termasuk proses produksi sel-sel darah putih.
ADVERTISEMENT
Padahal, seperti yang Moms tahu, sel-sel darah putih adalah salah satu agen utama pertahanan tubuh dari virus dan bakteri penyebab penyakit.
"Kekurangan zat besi, kekurangan nutrisi itu bisa membuat bayi mudah sakit, mangkannya pastikan selalu anak-anak supaya tetap terjaga pola makan," jela Kanyya.

3. Orang sekitar ada yang sedang sakit

Kenapa Bayi Mudah Sakit saat  Musim Hujan?  (882)
ibu dan bayi Foto: Shutter Stock
Moms, jika Anda sedang sakit atau orang sekitar Anda sedang sakit, sebaiknya jangan mendekat dengan anak Anda dulu ya, Moms.
Pasalnya, sistem imun bayi yang masih rendah membuat anak Anda mudah terserang virus dari tubuh orang yang sedang sakit.
"Seringkali orang dewasa tidak menyadari bahwa dia sedang sakit, dia masih kontak erat dengan bayi seperti mencium wajah dan tangan bayi. Nah karena bayi itu sering kali masukin tangannya ke dalam mulutnya, jadi deh dia terpapar penyakit orang dewasa tersebut. Wajah dan tangan itu adalah media paling gampang penularan," ujarnya.
ADVERTISEMENT