kumparan
search-gray
Mom30 Juli 2020 10:17

Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Orang Tua Saat Beri Anak Susu Formula

Konten Redaksi kumparan
Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Orang Tua Saat Beri Anak Susu Formula (41254)
ilustrasi susu formula Foto: Shutterstock
Meski tidak bisa menandingi kebaikan ASI, orang tua yang memberi anaknya susu formula tentu ingin si kecil dapat terpenuhi kebutuhan gizinya. Tak hanya itu, orang tua tentu juga ingin anak tercinta tumbuh sehat, kuat dan pintar.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, pada praktiknya banyak orang tua yang justru melakukan kesalahan saat memberi anak susu formula. Kesalahan itu pun umumnya tidak disadari sehingga menjadi kebiasaan yang terus menerus dilakukan sejak anak bayi hingga besar.
Apa, ya?
Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Orang Tua Saat Beri Anak Susu Formula (41255)
Ilustrasi bayi minum susu formula sambil tiduran Foto: Shutterstock

Kebiasaan Membiarkan Anak Minum Susu Formula Sambil Tiduran

Minum susu formula dari botol sambil berbaring atau tiduran dapat membawa banyak kerugikan pada anak. Mulai dari kerusakan gigi, infeksi telinga, risiko tersedak yang berbahaya dan asosiasi tidur yang buruk.
Ya Moms, sisa-sisa susu dan gula dalam susu formula yang melekat di gigi anak, tentunya tidak sempat dibersihkan karena anak sudah terlanjur tertidur.
Apalagi bila sebagian susu juga ada yang belum tertelan dan diam di mulut merendam gigi-gigi mereka. Semua itu akan merusak giginya! Untuk menghindari hal ini, biasakan ambil botol susu dari anak saat mereka tampak mengantuk dan sikat gigi maupun gusinya untuk mencegah pembusukan terjadi.
ADVERTISEMENT
Selain itu, saat anak minum dengan posisi tiduran, si kecil bisa tanpa sengaja menarik cairan ke paru-paru yang menyebabkannya tersedak!
Tidak percaya?
Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Orang Tua Saat Beri Anak Susu Formula (41256)
Ilustrasi anak minum susu formula Foto: Shutterstock
Cobalah berbaring lalu mencoba minum air dari botol tanpa menegakkan badan atau mengubah posisi? Sulit bukan? Bahkan mungkin saja Anda merasa seperti akan tersedak. Ini karena manusia memang tidak 'dirancang' untuk mengonsumsi apapun saat berbaring telentang atau tiduran.
Itulah kenapa, orang tua perlu menghindari kesalahan ini dan segera menghentikannya bila sudah menjadi kebiasaan. Demi kesehatan si kecil, jangan lagi membiarkan anak minum susu formula sambil berbaring atau tiduran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white