Mom
·
15 Agustus 2020 8:50

Konsumsi Ginseng saat Hamil, Aman Enggak Ya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Konsumsi Ginseng saat Hamil, Aman Enggak Ya? (112723)
searchPerbesar
Konsumsi Ginseng saat Hamil, Aman Enggak Ya? Foto: Shutterstock
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat hamil, Anda mungkin terpikir untuk mengonsumsi tanaman herbal, seperti ginseng. Ya, ginseng merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sudah ada sejak lama dan dikenal karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa khasiatnya di antaranya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan radikal bebas, mengurangi cedera otot setelah berolahraga, meningkatkan daya ingat, hingga mengurangi stres.
ADVERTISEMENT
Tapi, tunggu dulu, sebelum mengonsumsi ginseng saat hamil, sebaiknya Anda membaca beberapa penjelasan berikut ini, Moms.
Konsumsi Ginseng saat Hamil, Aman Enggak Ya? (112724)
searchPerbesar
Ilustrasi teh ginseng. Foto: Shutter Stock

Penjelasan terkait Ibu Hamil dan Ginseng

Ginseng dapat Anda temui dalam bentuk teh, suplemen, hingga dalam bentuk minuman berenergi memang memiliki beragam khasiat untuk tubuh, namun bagi Anda yang sedang hamil disarankan untuk menghindarinya, Moms. Terlebih, trimester pertama atau tiga bulan pertama kehamilan adalah usia yang paling rawan untuk konsumsi minuman tersebut. Kenapa?
Dikutip dari Parenting Firstcry, apabila ibu hamil konsumsi ginseng dikhawatirkan hal ini akan berbahaya bagi bayi di dalam kandungan. Karena kandungan zat-zat kimia yang terdapat dalam ginseng mungkin saja dapat berdampak bagi kesehatan Anda maupun janin. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda dianjurkan untuk tak konsumsi ginseng selama kehamilan.
Konsumsi Ginseng saat Hamil, Aman Enggak Ya? (112725)
searchPerbesar
bayi baru lahir Foto: Shutterstock

1. Risiko Cacat Lahir

Zat kimia aktif dalam ginseng yang disebut ginsenoside Rb1 disebut dapat menyebabkan cacat lahir. Untuk itu, National Institutes of Health (NIH) sangat menganjurkan agar Anda tidak mengonsumsi ginseng selama kehamilan.
ADVERTISEMENT

2. Risiko Perdarahan

Ginseng Korea memiliki sifat antikoagulan yang dapat menimbulkan risiko yang cukup berbahaya selama kehamilan. Jika Anda konsumsi ginseng saat hamil, dikhawatirkan akan timbul pembekuan darah, penghentian peredaran darah, dan dapat menyebabkan masalah serius selama persalinan atau setelah melahirkan.
Konsumsi Ginseng saat Hamil, Aman Enggak Ya? (112726)
searchPerbesar
Ibu hamil mengalami diare. Foto: Shutter Stock

3. Menyebabkan Diare

Konsumsi teh ginseng selama hamil dapat menyebabkan diare. Ya, Anda mungkin akan mengalami frekuensi buang air besar lebih dari 2-3 kali selama sehari setelah mengonsumsinya. Karena diare ini, akibatnya Anda juga dapat mengalami dehidrasi yang dapat berdampak buruk bagi janin.
Jadi, apabila Anda mengalami diare setelah mengonsumsi teh ginseng atau sejenisnya, segera minum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Namun, apabila kondisi ini tak membaik, hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Konsumsi Ginseng saat Hamil, Aman Enggak Ya? (112727)
searchPerbesar
Ibu hamil tidur. Foto: Shutterstock

4. Gangguan Tidur

Ginseng dapat menyebabkan gangguan tidur pada ibu hamil. Mulai dari sulit tidur atau terbangun di malam hari dapat menyebabkan gangguan kesehatan Anda, Moms. Karena dari hal ini, Anda jadi gelisah dan tak dapat beristirahat dengan nyenyak.
ADVERTISEMENT

5. Mulut Kering

Ibu hamil yang konsumsi teh ginseng, mulutnya akan terasa kering. Kondisi ini terjadi karena fungsi kelenjar ludah yang tidak berfungsi dengan baik karena adanya enzim di ginseng.

6. Menurunkan Gula Darah

Ibu hamil berisiko tinggi mengalami diabetes dan mereka sering kali tak menyadarinya. Ya Moms, mengonsumsi ginseng selama kehamilan dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula yang dapat membuat Anda pusing, hingga dapat menurunkan detak jantung. Kondisi ini pun sangat berbahaya bagi Anda maupun janin.
Konsumsi Ginseng saat Hamil, Aman Enggak Ya? (112728)
searchPerbesar
Ibu hamil sakit kepala Foto: Shutterstock

7. Menyebabkan Sakit Kepala

Ginseng diketahui juga dapat menyebabkan sakit kepala dan nyeri otot pada area wajah dan leher ibu hamil. Hal ini dapat memperparah mual di pagi hari atau perubahan suasana hati yang akan Anda alami, Moms.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, selama hamil Anda tak dianjurkan untuk konsumsi ginseng karena ada beberapa efek samping yang dapat berdampak buruk bagi Anda dan janin dalam kandungan, Moms.