kumparan
Mom18 Mei 2019 20:04

Lebih Baik Mana, Gendongan Hipseat atau SSC?

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi gendongan bayi
Ilustrasi gendongan bayi Foto: Shutterstock
Gendongan bayi kini hadir dalam beragam jenis, salah satu yang cukup populer saat ini adalah baby carrier. Ada 2 tipe baby carrier yang dijual di pasaran, yaitu SSC atau soft structured carrier dan hipseat. Kedua jenis gendongan ini memiliki kesamaan, yaitu sama-sama bisa menggendong di bagian depan penggendong.
ADVERTISEMENT
Walau sekilas tampak sama, kira-kira mana yang lebih baik, menggendong bayi dengan hipseat atau SSC?
Moms, menurut Admin Komunitas Jabodetabek Menggendong dan juga Certified Babywearing UK, Ndu Ratri Karuniasari, sebenarnya kedua jenis gendongan ini memang sedang happening di kalangan para ibu. "Namun, kita perlu tahu do's and dont's masing-masing jening gendongan tersebut," ujarnya kepada kumparanMOM, Sabtu (18/5).
Gendongan hipseat punya tempat duduk di pinggang yang bisa digunakan untuk bayi. Gendongan jenis ini bisa digunakan dalam posisi kepala anak menghadap ke depan ataupun ke dada penggendong. Jika ingin menggendong di posisi kepala bayi menghadap ke depan, disarankan maksimal hanya selama 30 menit, Moms.
"Hipseat tidak bisa digunakan untuk new born. Penggunaan minimal 6 bulan atau jika kontrol kepala bayi sudah baik, dan jka teknik front facing out yang digunakan,maksimal 15–30menit agar bayi tidak over stimulate," katanya.
Ilustrasi gendongan hip seat
Ilustrasi gendongan hip seat. Foto: Shutter Stock
Berbeda dengan gendongan hipseat, gendongan jenis SSC tidak memiliki tempat duduk bayi, Moms. Gendongan jenis ini biasanya dirancang untuk bayi mulai usia 4 bulan. Meski begitu, tiap merek gendongan SSC mungkin saja punya batas usia yang berbeda. Ada juga merek gendongan SSC yang bisa digunakan sejak bayi baru lahir, sehingga Anda perlu memastikannya
ADVERTISEMENT
"SSC from newborn ada yang bisa facing front out atau menghadap depan," kata Ratri.
Pemilihan SSC atau hipseat juga bisa disesuaikan dengan kondisi Anda, Moms. Bila tulang punggung bagian bawah Anda bermasalah, maka sebaiknya gunakan gendongan SSC. Gendongan jenis ini dapat memosisikan bayi pada bagian atas tubuh. Hal ini penting untuk menjaga tumpuan beban agar tidak selalu terfokus pada tulang punggung.
Ilustrasi gendongan hip seat
Ilustrasi gendongan bayi Foto:Shutterstock
Jadi, jangan bingung lagi ya, Moms. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda dan si kecil.
-------------------------------------------
Masih ada artikel-artikel seputar Gendongan Bayi yang kumparanMOM siapkan untuk Anda. Agar betul-betul paham, yuk baca habis semuanya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan