kumparan
6 September 2019 19:02

Lebih Baik Mana, Minum Air Dingin atau Hangat saat Hamil?

ibu hamil minum air.jpg
Lebih Baik Mana, Minum Air Dingin atau Hangat saat Hamil? Foto: shutterstock
Ibu hamil perlu memastikan dirinya minum cukup air. Ya Moms, airlah yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting ke dalam sel dan mengangkut vitamin, mineral, dan hormon ke sel darah. Sel-sel darah yang kaya nutrisi itulah yang akan dibawa ke plasenta dan akhirnya sampai pada bayi Anda -semuanya dengan bantuan air!
ADVERTISEMENT
Sebaliknya bila ibu hamil kurang minum air, bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti hipovolemia ringan akut dan hipovolemia kronik. Ibu yang terkena hipovolemia ringan akut akan mengalami oligohidroambion atau berkurangnya air ketuban saat persalinan lama. Demikian yang dilansir oleh What to Expect. Sedangkan dampak dari hipovelemia kronik, menyebabkan ibu hamil mengalami batu saluran kemih, infeksi saluran kemih, konstipasi, dan hipertensi lho, Moms.
Namun pilihan air yang diminum ibu hamil mungkin juga berbeda-beda. Ada yang suka minum air dingin, dan ada yang lebih memilih minum air hangat. Sebenarnya, mana yang lebih baik?
air putih
air putih Foto: shutterstock
Mengutip Indian Express, Dr. Sangeeta Pikale, seorang konsultan ginekolog dan dokter kandungan, Rumah Sakit SL Raheja, India mengatakan, tidak ada batasan untuk ibu hamil minum air putih dingin. Anda tetap bisa meminum air putih dingin hingga 22 minggu kehamilan, Moms. Tapi tentu saja, Anda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter apakah kehamilan Anda berisiko atau tidak.
ADVERTISEMENT
Begitu pula dengan air hangat. Dibanding air dingin, sebenarnya air hangat lebih banyak memiliki manfaat untuk kehamilan lho. Melansir dari MomJunction, berikut ini adalah beberapa manfaat ketika minum air hangat saat hamil, seperti Bisa mendetoksifikasi tubuh untuk mencegah mual dan mulas di pagi hari, mengatasi sembelit, meningkatkan aliran darah ke tubuh ibu hamil, bisa mencegah demam, batuk, flu, serta mencegah asma pada ibu hamil
ibu hamil sakit kepala
ibu hamil sakit perut Foto: Shutterstock
Anda mungkin pernah mendengar kalau minum air dingin saat hamil akan menyebabkan sakit perut. Tapi kata Pikale, ini tidak benar. Memang saat kehamilan pergerakan usus jadi lebih lambat, namum sakit perut tersebut bukan disebabkan oleh air dingin. Sebab respons dingin dari minuman (atau makanan) hanya terasa dimulut saja dan tidak sampai ke perut kita.
ADVERTISEMENT
Jadi tidak masalah untuk minum air dingin atau hangat saat hamil. Keduanya tidak membahayakan bayi yang ada dalam kandungan Anda. Yang terpenting adalah kebutuhan air Anda terpenuhi serta pastikan air yang Anda minum adalah air yang bersih dan matang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan