kumparan
search-gray
Mom14 April 2018 15:06

Lebih Banyak Pengorbanan saat Hamil Bayi Kembar, Kenapa?

Konten Redaksi kumparan
Lebih Banyak Pengorbanan saat Hamil Bayi Kembar, Kenapa? (225958)
Bayi kembar (Foto: thinkstock)
Setelah melakukan pemeriksaan, diketahui kalau Anda tengah hamil bayi kembar.
ADVERTISEMENT
Mengetahui perut kecil Anda diisi oleh dua janin, ini bisa jadi begitu mengejutkan. Bagaimana tidak? Anda harus membawa, menjaga serta membesarkan double janin di dalam perut selama 9 bulan.
Karena jumlahnya dua, artinya tidak sama dengan sedang hamil anak tunggal. Ya, kebutuhan ibu yang hamil kembar akan meningkat, termasuk juga dengan risiko yang mungkin terjadi.
Dilansir kumparanMOM (kumparan.com) dari Boldsky, kehamilan anak kembar terjadi lebih dari 3 dari setiap 100 kehamilan. Namun, data ini masih bisa meningkat dengan semakin banyaknya anak kembar yang lahir setiap tahunnya.
Lebih Banyak Pengorbanan saat Hamil Bayi Kembar, Kenapa? (225959)
Bayi kembar (Foto: thinkstock)
Kehamilan kembar juga dipengaruhi oleh faktor umur calon ibu. Banyak ahli mengungkap, perempuan berusia 30 sampai 40 tahun akan kesulitan untuk memiliki anak kembar. Pasalnya siklus ovulasinya sudah tidak teratur pada usia itu, Moms. Nyatanya, dengan semakin berkembanganya pengetahuan dan teknologi, banyak ibu dengan usia tersebut masih bisa hamil bayi kembar.
ADVERTISEMENT
Ibu yang tengah hamil bayi kembar memerlukan lebih banyak asam folat ibu yang hamil tunggal. Ini berguna untuk mencegah adanya cacat lahir pada bayi. 1 miligram asam folat per hari maka cukup untuk memenuhi asam folat anak kembar dalam kandungan.
Lebih Banyak Pengorbanan saat Hamil Bayi Kembar, Kenapa? (225960)
Makanan yang mengandung asam folat (Foto: Thinkstock)
Selain itu, ibu yang hamil kembar juga lebih sering mengalami morning sickness daripada ibu yang hamil anak tunggal. Kadar HcG dalam tubuh akan berlipat ganda. Tidak hanya morning sickness, tapi sakit perut, kembung, sakit pinggang juga terasa lebih sakit dari pada biasanya.
Anda juga akan lebih sering berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan yang lebih intens. Nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil juga terbagi satu sama lain. Maka dari itu, penting untuk menjamin kedua calon bayi mendapat nutrisi sama banyaknya.
ADVERTISEMENT
Dan yang terakhir, hamil kembar bisa menyebabkan peningkatan berat badan yang lebih banyak. Dan ini mungkin bisa jadi masalah untuk Anda yang sangat memerhatikan penampilan fisik.
Percaya diri saja, Moms. Kondisi hamil pun bisa membuat Anda tetap tampil cantik dan menawan, kok! Yang penting, pastikan status kehamilan Anda dalam keadaan sehatlah yang terpenting.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white