Mom
·
12 Oktober 2020 18:58

Macam-macam Rasa Sperma dan Penyebabnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Macam-macam Rasa Sperma dan Penyebabnya (22326)
Ilustrasi sperma Foto: dok.shutterstock
Menelan sperma suami saat berhubungan seks? Bisa saja tak disengaja, atau sengaja dan justru membuat suami lebih bergairah. Begitu kan, Moms? Karena untuk sebagian orang, menelan sperma memang bisa jadi bagian dari foreplay maupun afterplay.
ADVERTISEMENT
Tapi bila Anda melakukannya, jangan kaget bila mendapati rasa sperma yang tak sama pada beberapa kesempatan bercinta. Satu waktu terasa agak asin, hambar lantas di lain waktu ada semburat manis. Bahkan, sperma juga bisa terasa sedikit asam dan pahit lho, Moms. Apa sebabnya?
Macam-macam Rasa Sperma dan Penyebabnya (22327)
Ilustrasi sperma Foto: Shutterstock

Penyebab Rasa Sperma Berbeda-beda

Perlu Anda ketahui, rasa sperma sendiri berasal dari zat-zat yang ada di dalamnya. Zat tersebut berupa fruktosa, natrium bikarbonat, fosfor, magnesium, kalium, seng dan vitamin C, dan sebagainya.
"Cairan sperma itu isinya, istilahnya, bahan-bahan protein untuk ngasih makanan gitu kan ke sel telur. Nah itu, dibilang rasanya glukosa juga ada, tapi enggak terlalu banyak. Jadi kalau dibilang manis kayaknya enggak," kata Dokter Andrologi dr. Maitra Djiang Wen, Sp.And-KFER, MClinEmbryol, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Adapun faktor rasa sperma sebenarnya berasal dari makanan sehari-hari. Makanan bisa mengubah komposisi senyawa yang akan memiliki efek halus pada rasa sperma. Termasuk rasa pahit dari sperma itu sendiri.
"Sayuran dengan rasa kuat seperti kembang kol, brokoli, bawang putih, dan yang mengandung kafein bisa membuat semen terasa tidak sedap dan pahit Sedangkan buah-buahan seperti nanas, jeruk, dan buah manis lainnya membuat air mani menjadi lebih manis," kata dr. Shirin Larkhani, seorang dokter umum di Inggris, dikutip Cosmopolitan.
Tak hanya itu, mengonsumsi alkohol, tembakau, dan obat-obatan bisa membuat sperma menjadi lebih pahit atau asam. Zat-zat ini juga berpotensi memengaruhi motilitas, jumlah, dan kualitas sperma suami Anda.
Macam-macam Rasa Sperma dan Penyebabnya (22328)
Ilustrasi Penis. Foto: Shutterstock

Tips Agar Rasa Sperma Lebih Baik

Kebersihan adalah kunci utama untuk menentukan rasa air mani. Suami harus rajin-rajin membersihkan area penis dan testis dengan benar. Kebersihan yang tidak terjaga akan menimbulkan bau yang berpotensi membuat sperma tidak enak.
ADVERTISEMENT
dr. Maitra juga menyarankan agar pasangan mengonsumsi makanan sehat, sebab itu akan mempengaruhi kualitas sperma pasangan Anda, Moms. Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sperma adalah protein dan omega-3.
"Faktor makanan ini diperlukan untuk produksi sperma yang berfungsi sehat dan berpotensi memiliki kesuburan yang tinggi. Maka sebaiknya jaga pola makan. Apalagi jika sedang merencanakan program hamil," ujarnya.