Mom
·
20 Januari 2021 9:10

Makan Apa Agar Bayi Lahir dengan Rambut Lebat? Ibu Hamil Perlu Tahu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Makan Apa Agar Bayi Lahir dengan Rambut Lebat? Ibu Hamil Perlu Tahu (49885)
searchPerbesar
Makan Apa saat Hamil Agar Bayi Lahir dengan Rambut Lebat? Foto: Kwangmoozaa/Shutter Stock
Ibu hamil bisa saja punya banyak harapan. Di antaranya ingin agar bayi yang dikandungnya kelak lahir dengan rambut lebat. Apakah Anda salah satunya, Moms?
ADVERTISEMENT
Menariknya, ada beberapa makanan yang kerap dipercaya bisa membantu menjaga atau meningkatkan hormon estrogen selama kehamilan.
Misalnya kedelai, biji rami, biji wijen, kacang-kacangan termasuk kacang hijau, minyak zaitun, gandum hingga buah-buahan tertentu seperti persik dan stroberi.
Tapi apakah semua ini benar, atau hanya mitos saja?

Kata Dokter tentang Makanan untuk Buat Rambut Bayi Lebat

Makan Apa Agar Bayi Lahir dengan Rambut Lebat? Ibu Hamil Perlu Tahu (49886)
searchPerbesar
Kata Dokter tentang Makanan untuk Buat Rambut Bayi Lebat Foto: Thinkstock
Ternyata belum ada penelitian yang dapat benar-benar membuktikan khasiat makanan-makanan ini untuk membuat bayi lahir dengan rambut lebat.
Perlu dipahami, pertumbuhan rambut bayi di dalam rahim dipercaya disebabkan salah satunya oleh hormon estrogen. Mengutip New York Times, dugaan ini berkaitan dengan penelitian yang menemukan bahwa wanita hamil dengan kadar estrogen yang tinggi umumnya melahirkan bayi dengan rambut lebih banyak daripada wanita dengan kadar estrogen yang lebih rendah.
Nah, makanan-makanan yang kerap dipercaya dapat membuat rambut bayi di dalam kandungan tumbuh lebat umumnya adalah makanan yang mengandung fitoestrogen yaitu estrogen nabati yang meniru estrogen begitu diproses oleh tubuh.
Namun tak hanya itu, Moms. Kita juga perlu memahami, sebenarnya hal yang paling memengaruhi bayi lahir dengan rambut lebat atau tidak adalah karena faktor genetik. Hal ini dijelaskan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Gita Pratama, SpOG(K).
ADVERTISEMENT
"Ya, pertumbuhan rambut bayi di dalam kandungan paling dipengaruhi oleh genetik kedua orang tuanya," ujar dr. Gita kepada kumparanMOM.