kumparan
search-gray
Mom4 Maret 2018 14:44

Makanan Kaya Asam Folat buat Ibu Hamil

Konten Redaksi kumparan
Makanan Kaya Asam Folat buat Ibu Hamil (227700)
Ibu hamil makan buah (Foto: Thinkstock)
Calon ibu, tahukah Anda pentingnya peran asam folat saat Anda hamil? Salah satunya dapat membantu mencegah bayi cacat lahir. Bahkan, kebutuhan asam folat sebaiknya sudah mesti dipenuhi sejak sedang merencanakan kehamilan, hingga selama menjalani kehamilan.
ADVERTISEMENT
Asam folat disebut juga sebagai folat, yang merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9. Selain bagi kepentingan janin, folat untuk ibu hamil bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi dan mempertahanakan sel baru akibat kondisi hamil, serta mencegah terjadinya kanker.
Terpenuhinya kebutuhan asam folat juga dapat mengurangi risiko preeclampsia, kelahiran prematur, keguguran, dan ibu hamil terkena anemia.
Makanan Kaya Asam Folat buat Ibu Hamil (227701)
Ibu hamil istirahat (Foto: Pixabay)
Mengingat pentingnya asam folat ini, maka jangan ditunda-tunda lagi pemenuhannya, Moms.
Beruntungnya, banyak aneka sayur dan buah-buahan yang kaya asam folat! Meski begitu, perhatikan cara mengolahnya. Jangan memasak terlalu lama, karena folat tergolong vitamin B yang cepat rusak dan mudah larut di dalan air.
Makanan Kaya Asam Folat buat Ibu Hamil (227702)
Kreasi Olahan Brokoli, Pasta Brokoli (Foto: Instagram/Nocci_Ruzago)
Makanan pertama yang mengandung banyak asam folat adalah sayuran hijau. Sayuran hijau memang sudah terbukti bermanfaat untuk tubuh, baik itu saat hamil maupun tidak. Sayuran seperti bayam, brokoli, sawi dan selada adalah pilihan paling tepat dan sehat untuk memenuhi kebutuhan folat harian.
Makanan Kaya Asam Folat buat Ibu Hamil (227703)
Jagung, pangan penghasil karbohidrat. (Foto: pixabay.com)
Kedua, Biji-bijian. Biji-bijian seperti gandum dan jagung memang baik untuk kesehatan kandungan. Selain memenuhi kebutuhan folat harian, jagung juga berfungsi mencegah sembelit pada ibu hamil, karena seratnya yang tinggi. Selain itu, dapat membangun sistem memori pada janin dan mencegah masalah cacat otot pada bayi.
Makanan Kaya Asam Folat buat Ibu Hamil (227704)
Kacang almond (Foto: Pixabay)
Ketiga, Kacang-kacangan. Selain biji, Anda juga harus mengonsumsi kacang-kacangan saat hamil. Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah kacang almond. Manfaat kacang almond yakni untuk memenuhi zat kalsium dan mengembalikan energi yang terkuras saat hamil.
ADVERTISEMENT
Makanan Kaya Asam Folat buat Ibu Hamil (227705)
Buah pepaya. (Foto: Thinkstock)
Keempat, buah-buahan, seperti alpukat, jeruk, tomat dan pepaya. Selain asam folat, buah-buahan ini juga kaya akan vitamin A dan C.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white