Mom
·
4 Desember 2020 8:00

Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Hamil Muda

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Hamil Muda (10596)
Ilustrasi ibu hamil muda makan. Foto: Getty Images
Ibu hamil tidak boleh makan sembarangan. Apalagi jika masih hamil muda, ibu perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.
ADVERTISEMENT
Pasalnya makanan menjadi salah satu sumber gizi yang akan mempengaruhi kesehatan janin yang sedang berkembang. Apa yang ibu makan, akan dimakan juga oleh si calon bayi di dalam perut. Makanan sehat dan bergizi yang dimakan ibu, akan membawa manfaat untuk si kecil. Begitu juga sebaliknya, bila ibu makan sembarangan maka bisa jadi dampak negatifnya turut dirasakan bayi.
Lantas apa saja makanan yang baik dikonsumsi saat hamil muda? Simak rangkuman kumparanMOM berikut ini.
Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Hamil Muda (10597)
Cuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi. Foto: Pixabay

Makanan untuk Ibu saat Hamil Muda

  1. Produk Susu
Menurut Ahli Gizi dari India, Megha Mukhija, produk susu terutama yang difortifikasi merupakan sumber kalsium, vitamin D, protein, lemak sehat, dan asam folat yang baik. Untuk mendapatkan nutrisi tersebut, Anda bisa mengkonsumsi yoghurt atau susu ke dalam makanan.
ADVERTISEMENT
  1. Telur dan Unggas
Telur adalah sumber protein yang baik untuk Anda yang sedang hamil muda. Dikutip FirstCry Parenting, telur mengandung vitamin A, B2, B5, B6, B12, D, E, dan K, dan juga mineral seperti fosfor, selenium, kalsium, dan seng. Unggas juga seperti ayam atau bebek merupakan sumber protein yang baik ya Moms.
  1. Buah-buahan
Makan banyak buah segar selama kehamilan dapat membuat ibu dan bayi sehat. Buah segar mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting dan juga merupakan sumber serat yang baik. Saat hamil muda, Anda bisa memakan pisang, jambu biji, alpukat, melon, stroberi hingga apel.
  1. Sayuran
Memakan sayuran, terutama sayuran hijau bisa menambah vitamin dan juga terhindar dari sembelit karena serat yang tinggi lho, Moms. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, dilansir Health Line, sayuran akan membantu mencegah risiko berat badan bayi rendah. Jadi, cobalah untuk makan sayuran seperti kangkung, bayam, atau brokoli.
Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Hamil Muda (10598)
Ilustrasi Kacang-kacangan Foto: Shutterstock/Liliya Kandrashevich
  1. Biji-bijian dan Kacang-kacangan
ADVERTISEMENT
Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah sumber lemak sehat, vitamin, protein, mineral, flavonoid, dan serat makanan yang sangat baik. Pastikan Anda makan ini secara teratur saat hamil muda dan dilanjut hingga melahirkan.
  1. Ikan
Ikan merupakan sumber protein rendah lemak yang berkualitas tinggi. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang baik, Vitamin B2, D, dan E, dan juga mineral penting seperti kalium, kalsium, seng, yodium, magnesium, dan fosfor. Ibu bisa memakan ikan apa saja, seperti ikan lele, kembung, atau salmon.
  1. Daging
Vitamin B, protein, seng, dan zat besi merupakan kandungan dari daging yang baik untuk Anda dan bayi. Selama hamil muda, menurut Megha Mukhija, ibu bisa memakan daging tanpa lemak.
ADVERTISEMENT
  1. Garam Beryodium
Tidak perlu menggunakan garam khusus ya Moms, garam beryodium yang biasa digunakan untuk memasak makanan sehari-hari juga bisa dikonsumsi untuk Anda yang sedang hamil muda. Garam meja ini dapat membantu sistem saraf dan perkembangan otak bayi.
  1. Buah Kering
Selain buah-buahan segar, buah kering seperti kismis atau kurma juga sangat baik dikonsumsi saat hamil muda. Buah kering mengandung sejumlah vitamin, mineral, zat besi, kalium, dan folat. Namun, buah kering memiliki kandungan gula yang tinggi, jadi jangan banyak-banyak ya Moms.