kumparan
27 Juni 2019 18:12

Makanan yang Jadi Pantangan Bagi Ibu Menyusui, Apa Kata Dokter?

Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutterstock
Ibu menyusui harus pandai memilih makanan yang bergizi. Anda tentu setuju dengan hal ini kan, Moms? Tapi Anda pun mungkin pernah mendengar, ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu menyusui. Padahal bisa jadi, makanan yang jadi pantangan itu punya nilai gizi yang tinggi atau merupakan makanan favorit ibu.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, jangan mudah tertipu. Dengar dulu yuk, apa kata dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC mengenai hal ini.
ibu menyusui
ibu menyusui Foto: Shutterstock
Menurut dr Wiyarni, tidak ada pantangan makanan untuk ibu menyusui. Ya Moms, dokter yang juga anggota Satgas ASI IDAI dan Ketua Umum Sentra Laktasi Indonesia ini menegaskan, ibu menyusui boleh menikmati makanan atau minuman apapun yang ia sukai selama makanan tersebut sehat.
"Ibu menyusui itu makanlah apa yang dia suka, yang baik dan sehat," ucapnya. Ia juga mengajurkan agar ibu menyusui mengonsumsi berbagai variasi makanan atau dengan kata lain, jangan terlalu pilih-pilih.
menyusui bayi
menyusui bayi Foto: Shutterstock
dr Wiyarni lebih lanjut menjelaskan, ada dua keuntungan bagi bayi yang ibunya tidak suka berpantang dalam memilih makanan. Pertama, bayi dan ibu jadi lebih bugar karena makan nikmat dan berselera. Kedua, bayi tidak akan menjadi picky eater (pilih-pilih makanan).
ADVERTISEMENT
"Apa yang ibu makan akan memengaruhi bayi. Sama seperti dia hamil, bayi itu kan minum air ketuban. Jadi dia sudah bisa merasakan makanan yang dimakan ibu," kata Wiyarni.
Yang tidak boleh dimakan, tentu saja, adalah makanan yang mengganggu kesehatan, yang menyebabkan sang ibu sakit, yang memicu alergi atau membahayakan seperti rokok, minuman keras, atau narkotik.
Makanan pedas kekinian
Ilustrasi makanan pedas Foto: Instagram @ngilerlaper_ @resep.cookingg
"Pakai logika saja. Kalau makanan itu disukai ibu tapi berdampak buruk, misalnya makan cabai sampai 20 biji, itu nanti mules, ya jadi sakit perut. Jadi patokannya ke ibu. Misal ibunya alergi telur, nanti gatal-gatal, ya telur nggak bisa dimakan sama si ibu," kata Wiyarni.
Jadi tak usah percaya lagi kalau ada yang bilang soal pantangan makanan ibu menyusui ya, Moms!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan