Mom
·
15 Januari 2021 10:00

Manfaat Asupan Vitamin D untuk Ibu Menyusui

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Asupan Vitamin D untuk Ibu Menyusui (142267)
Manfaat Asupan Vitamin D untuk Ibu Menyusui Foto: Freepik
Saat hamil, ibu memerlukan asupan vitamin D yang cukup agar daya tahan tubuh terjaga, pembelahan sel-sel berlangsung baik, dan tentunya demi kesehatan tulang. Nah Moms, usai melahirkan atau saat sedang menyusui, ternyata Anda juga perlu mendapatkan vitamin D yang cukup.
ADVERTISEMENT
Selain dibutuhkan oleh ibu, vitamin D juga diperlukan untuk bayi agar tulangnya kuat, serta untuk menghindari risiko kelainan bentuk yang disebut dengan rakhitis. Vitamin D sendiri dapat diterima oleh bayi melalui sinar matahari saat berjemur di pagi hari dan juga akan semakin baik jika mendapatkannya dari ASI.

Manfaat Vitamin D untuk Ibu Menyusui

Manfaat Asupan Vitamin D untuk Ibu Menyusui (142268)
Manfaat Vitamin D untuk Ibu Menyusui Foto: Shutter Stock
La Leche League International, organisasi non-pemerintah nirlaba yang memberikan edukasi soal menyusui, menjelaskan bahwa ibu menyusui yang memiliki jumlah vitamin D yang cukup dalam tubuhnya, dapat berhasil memberikan vitamin D yang cukup juga untuk bayinya melalui ASI. Namun, LLLI mengungkapkan, perubahan gaya hidup telah menyebabkan beberapa ibu tidak memiliki cukup vitamin D. Sehingga jika diperlukan, ibu menyusui bisa mendapatkan vitamin D tambahan melalui suplemen.
ADVERTISEMENT
Profesor Bruce Hollis, PhD dari Medical University of South Carolina, juga menuturkan bahwa suplemen vitamin D dapat dikonsumsi oleh ibu agar bisa memenuhi kebutuhan bayi. Tidak hanya sampai usia bayi 6 bulan atau saat mulai MPASI, ibu harus terus mengkonsumsi suplemen vitamin D selama masa menyusui, karena tidak semua makanan yang dikonsumsi bayi mengandung vitamin D.
Penelitian terbaru juga menekankan bahwa saat ini orang dewasa perlu vitamin D 600 IU per hari. Namun, ibu menyusui membutuhkan lebih banyak daripada itu, sehingga Anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D dosis tinggi yang dapat memperkaya nutrisi ASI dan mencukupi bayi. Ibu menyusui direkomendasikan mendapatkan asupan vitamin D sebanyak 4000 IU per hari.
Sebelum mengkonsumsi vitamin D, ada baiknya Anda melakukan tes darah sederhana untuk melihat apakah kekurangan vitamin D atau tidak. Jika memang diperlukan, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya dan minta resep dokter sebagai acuannya.
ADVERTISEMENT
Selain mendapatkan asupan vitamin D dari suplemen, ibu menyusui juga bisa mendapatkannya dari beberapa makanan seperti minyak hati ikan kod, ikan, seperti mackerel, tuna, dan salmon, kuning telur, hati sapi, dan produk susu yang diperkaya.