kumparan
18 Maret 2018 8:33

Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil olahraga
Ibu Hamil olahraga (Foto: Thinkstock)
Banyak ibu hamil yang kerapkali malas bergerak. Maklum, perut semakin membuncit dan terasa berat, serta berbagai alasan lainnya. Padahal, bergerak saat hamil bisa menyehatkan calon ibu dan janin, serta bisa memudahkan proses persalinan nantinya, lho.
ADVERTISEMENT
Kehamilan merupakan salah satu fase terindah bagi wanita dan ini juga menjadi masa Anda harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh. Agar kesehatan tetap terjaga, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin berolahraga. Jangan bayangkan yang berat-berat dulu, tapi dengan berjalan kaki santai saja, Anda sudah bisa memeroleh manfaatnya.
Ilustrai Olahraga Pagi
Ilustrai Olahraga Pagi (Foto: Dok.Pixabay)
Dilansir Boldsky, berikut beberapa manfaat berjalan santai saat hamil yang perlu Anda ketahui:
Meredakan Stres
Saat hamil, aktivitas hormon membuat calon ibu mengalami perubahan suasana hati (mood swing). Terkadang senang, lalu bisa bisa berubah menjadi kesal.
Berjalan santai dapat membantu melepaskan endorfin di tubuh, sehingga membuat Anda lebih rileks dan nyaman.
Menghilangkan Sembelit
Ilustrasi perut sakit
Ilustrasi perut sakit (Foto: Dok. Thinkstock)
Lewat berjalan kaki, Anda sebetulnya sedang melancarkan sistem pencernaan. Jalan santai selama 15 sampai 20 menit sehari akan membantu menjaga kesehatan usus saat hamil.
ADVERTISEMENT
Mengatasi Rasa Lelah
Selama kehamilan, calon ibu akan cepat merasa cepat lelah. Istirahat memang menjadi obat paling ampuh untuk mengatasi masalah ini. Jalan kaki juga dapat menjaga tubuh tetap bugar dan tidak cepat merasa lelah.
Mengurangi Tekanan Darah
Biasanya, tekanan darah akan meningkat selama kehamilan. Tekanan darah tinggi juga bisa mencetus preeklampsia. Rutin berjalan setiap hari dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah Anda tetap terkendali.
Membantu Tidur Lebih Nyenyak
Insomnia ibu hamil
Insomnia ibu hamil (Foto: Thinkstock)
Permasalahan lainnya yang bisa menganggu Anda saat hamil adalah susah tidur. Berjalan santai selama 30 menit sehari dapat membantu Anda tidur nyenyak selama kehamilan Anda.
Mempertahankan Berat Badan Ideal
Berjalan membantu menjaga berat badan tetap terkendali dengan cara yang menyenangkan, Moms.
ADVERTISEMENT
Jadi, jangan tunda untuk bergerak selama hamil mulai saat ini, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan