Manfaat Kale untuk Kesehatan Ibu Hamil

1 Maret 2023 11:28
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kale Foto: thinkstock
zoom-in-whitePerbesar
Kale Foto: thinkstock
Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Sebab, makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh untuk kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah sayuran hijau seperti kale.
Mom Junction melansir, kale memiliki beragam jenis dan mempunyai nama yang berbeda pula di berbagai negara. Jenis kale yang paling umum disebut kangkung keriting atau kangkung Skotlandia dengan batang keras dan berserat. Hanya saja, saat dimasak, jenis sayur ini cenderung berbau belerang, sehingga kerap membuat ibu hamil mual dan tidak tertarik untuk memakannya.
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
Selain itu, kale mungkin mengandung glukosinolat dan goitrogen yang dapat mengganggu penyerapan yodium pada tubuh. Oleh karena itu, ibu hamil dengan defisiensi yodium atau hipotiroidisme perlu makan kale secukupnya saja.
Meski begitu, kale mengandung sejumlah manfaat penting untuk kesehatan ibu hamil lho, Moms. Apa saja, ya?

Serat

Kale mengandung tinggi serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, nutrisi ini juga membantu ibu hamil mencegah sembelit dan menjaga area panggul terbebas dari masalah perut.

Kalsium

Tingginya kandungan kalsium pada sayur kale bermanfaat untuk membangun tulang dan gigi yang lebih kuat pada bayi yang sedang tumbuh di dalam kandungan. Perlu dipahami, kalsium merupakan kebutuhan prenatal yang cukup penting sehingga dokter biasanya juga akan memberikan dalam bentuk suplemen.
Ilustrasi Kale Ungu Foto: Shutterstock/Yulia von Eisenstein
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kale Ungu Foto: Shutterstock/Yulia von Eisenstein

Vitamin A

Kandungan vitamin A dalam kale dapat membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, baik bagi ibu hamil maupun bayi yang sedang tumbuh di dalam kandungan.

Vitamin C

Selain menambah energi bagi ibu hamil, tingginya kandungan vitamin C pada sayur kale juga bisa menambah nutrisi dan membantu mengurangi risiko penyakit umum, seperti batuk dan pilek.

Vitamin K

Kale merupakan sayuran hijau yang paling banyak mengandung vitamin K. Nutrisi ini dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap kuat selama kehamilan, Moms.