Mom
·
29 April 2021 8:04

Manfaat Konsumsi Bengkuang untuk Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Konsumsi Bengkuang untuk Ibu Hamil (69322)
Ilustrasi bengkuang untuk ibu hamil dan kecantikan kulit. Foto: dok.flickr/dinaapriana
Bengkuang merupakan buah yang identik manfaatnya untuk kecantikan kulit. Tapi di sisi lain, bengkuang juga memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil, Moms.
ADVERTISEMENT
Ya, buah yang sering kita temui di dalam rujak ini rupanya mengandung berbagai nutrisi yang baik selama kehamilan. Dilansir Pregnancy Food Checker, bengkuang merupakan buah tinggi serat yang mengandung vitamin C, E, folat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, potasium dan mangan.
Menurut National Institute of Health, bengoang merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, sebab dapat bertindak sebagai antioksidan dan dibutuhkan untuk banyak reaksi enzim. Berbagai kandungan di dalam bengkang sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat memberikan manfaat kesehatan untuk ibu dan janin.
Manfaat Konsumsi Bengkuang untuk Ibu Hamil (69323)
Ilustrasi bengkuang Foto: dok.pixabay
Meski begitu, Anda harus tetap berhati-hati saat mengkonsumsi bengkuang selama kehamilan. Seperti yang kita tahu, bengkuang merupakan tumbuhan akar yang berasal dari dalam tanah. Berbagai makanan yang berasal dari dalam tanah dinilai mengandung banyak kuman dan bakteri yang berbahaya, terutama untuk ibu hamil. Jadi, Anda harus memastikan mencuci bengkuang dengan bersih sebelum mengkonsumsinya.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, berikut ini manfaat baik konsumsi bengkuang selama kehamilan yang perlu Anda ketahui.

5 Manfaat Makan Bengkuang untuk Ibu Hamil

1. Memperlancar pencernaan
Manfaat Konsumsi Bengkuang untuk Ibu Hamil (69324)
ilustrasi bengkuang Foto: Shutterstock
Bengkuang merupakan sumber serat yang baik bagi ibu hamil. Apalagi, ibu hamil sering kali mengalami berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare. Rutin makan bengkuang selama kehamilan dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah masalah pencernaan selama kehamilan.
2. Menyehatkan tulang dan gigi
Kandungan fosfor dan kalium pada bengkuang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil. Kandungan ini juga berperan dalam pembentukan tulang dan gigi janin.
3. Mencerahkan kulit
Manfaat Konsumsi Bengkuang untuk Ibu Hamil (69325)
Cara membuat masker bengkuang untuk mencerahkan kulit. Foto: Shutterstock
Kulit ibu hamil sering bermasalah selama kehamilan karena hormonnya yang cenderung berantakan. Salah satunya adalah keluhan jerawat dan kulit kusam. Kandungan air yang cukup banyak di dalam bengkuang dapat membuat kulit tetap segar dan tampak cerah. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi bengkuang ataupun dengan menggunakannya sebagai masker wajah, Moms.
ADVERTISEMENT
4. Menjaga daya tahan tubuh
Bengkuang dikenal akan kandungan vitamin C, vitamin E, selenium dan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan dan menangkal radikal bebas pada ibu hamil. Sehingga, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi, kuman dan juga kerusakan sel selama kehamilan.
5. Menyehatkan jantung
Buah yang satu ini mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi serat yang cukup dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, bengkuang juga mengandung potasium yang baik untuk menjaga tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah. Nah Moms, hal ini secara tidak langsung akan memberikan manfaat jantung yang sehat bagi ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Penulis: Hutri Dirga Harmonis
**** Saksikan video menarik di bawah ini: