kumparan
3 Desember 2019 11:01

Manfaat Melon untuk Makanan Bayi

bayi makan buah potrait
Ilustrasi bayi makan melon. Foto: Shutterstock
Buah-buahan seperti melon, banyak dipilih ibu untuk dijadikan makanan bayi. Selain mudah didapat, buah dengan rasa manis dan segar ini memiliki banyak manfaat untuk bayi, lho. Ya Moms, satu cangkir melon yang diolah sebagai makanan bayi mengandung vitamin A, C, B1, B2, folat, fosfor, magnesium, kalsium, sodium dan zat besi.
ADVERTISEMENT
Melon, selain bisa diolah sebagai puree, dan Anda juga bisa menyajikannya sebagai finger food. Tapi kapan melon bisa dikenalkan kepada bayi? Menurut Dokter Spesialis Gizi, dr. Diana F. Suganda, M. Kes, SpGK, melon bisa diperkenalkan sebagai menu alternatif buah-buahan saat mulai Makanan Pendamping ASI (MPASI).
bayi makan buah
llustrasi bayi makan buah melon. Foto: Shutterstock
"Tentu saja disesuaikan dengan tahapan umur sang anak dengan MPASI-nya. Jika masih 6-8 bulan bisa diberikan dalam bentuk puree, lalu untuk bayi yang lebih besar 10-12 bulan, bisa dipotong-potong kecil untuk dijadikan finger food," kata dr. Diana saat dihubungi kepada kumparanMOM.
Melansir dari Healthline. berikut ini adalah manfaat yang bisa didapat si kecil jika diberikan melon sebagai makanan bayi, Moms:
Menurunkan tekanan darah
Melon merupakan salah satu buah yang mengandung rendah sodium dan tinggi kalium, sehingga bisa mempertahankan tekanan darahnya. Selain itu, melon juga mengandung kapasitas antioksidan, beta-karoten, phytoene, quercetin, dan asam caffeic yang bermanfaat untuk kesehatan bayi.
ADVERTISEMENT
Baik untuk tulang
Buah yang mengandung folat, vitamin K, dan magnesium ini, sangat baik untuk kesehatan tulang bayi. Mengkonsumsi melon dengan jumlah cukup akan melengkapi kebutuhan magnesium harian sebanyak 4 persen, dan 6 persen kebutuhan vitamin K, Moms.
Melon
Melon. Foto: Shutter Stock
Mencegah dehidrasi
Melon mengandung banyak air dan karenanya menjaganya agar si kecil tetap terhidrasi, Moms. 90 persen melon, mengandung elektrolit, kalium, magnesium, natrium, dan kalium.
Membuat kulit sehat dan daya tahan tubuh terjaga
Bayi masih banyak membutuhkan vitamin terutama vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuhnya dan membentuk jaringan kulitnya. Selain itu, dengan mengkonsumsi melon, bayi bisa memproduksi kolagen untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari.
Melon
Melon. Foto: Shutter Stock
Baik untuk pencernaan dan mata
Melon juga mengandung serat yang tentunya baik untuk pencernaannya. Mengkonsumsi melon dengan jumlah cukup akan meningkatkan keteraturan usus dan pertumbuhan bakteri usus yang sehat pada bayi. Selain itu, senyawa karotenoid yang terkandung dalam melon bisa menjaga kesehatan matanya, Moms.
ADVERTISEMENT
Mengingat banyaknya manfaat dan rasanya yang manis, jadi jangan ragu sajikan melon sebagai makanan bayi, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan