kumparan
17 Oktober 2019 14:12

Manfaat Tahu untuk Makanan Bayi

Tahu untuk makanan bayi.
Tahu untuk makanan bayi. Foto: Shutterstock
Agar tidak bosan, Anda perlu memberikan variasi pada makanan bayi. Misalnya saja dengan mencampurkan berbagai jenis sayur dan lauk pauk ke dalam makanannya.
ADVERTISEMENT
Salah satu yang bisa Anda coba adalah tahu. Ya, olahan berbahan dasar kacang kedelai ini mudah didapat serta harganya murah, Moms. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir, karena tahu kaya nutrisi dan yang pasti, harganya enak.
Meski begitu, kapan baiknya tahu diberikan ke dalam makanan bayi?
Dilansir Wholesome Baby Food, tahu merupakan salah satu makanan yang sulit dicerna seperti kuning telur, sehingga lebih baik diberikan sebagai makanan bayi saat si kecil berusia 8 bulan. Namun, bila anak Anda punya alergi terhadap kacang-kacangan, laman Parents menyebutkan lebih baik bila tahu diberikan saat si kecil sudah berumur 1 tahun, Moms. Ya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan tahu ke dalam makanan bayi.
Tahu untuk makanan bayi.
Tahu untuk makanan bayi. Foto: Shutterstock
Tahu punya sederet manfaat untuk kesehatan bayi. Makanan berbahan dasar kacang kedelai ini merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk pertumbuhan sel dan jaringan anak. Tahu juga mengandung serat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah konstipasi, Moms.
ADVERTISEMENT
Layakanya susu, tahu juga mengandung kalsium tinggi yang baik untuk pemeliharaan tulang dan gigi, serta rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol. Tahu juga memiliki kandungan zat besi tinggi. Kandungan di dalam 1 buah tahu besar terdapat 3,4 mg zat besi atau 30 persen kebutuhan harian, Moms.
Tak hanya mengandung banyak manfaat, tahu juga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan bayi. Anda bisa merebus, menumis, hingga mencapurkannya ke dalam sup atau aneka sayuran lainnya seperti wortel, bayam hingga jagung.
Tahu untuk makanan bayi.
Tahu untuk makanan bayi. Foto: Shutterstock
Di awal pemberian MPASI, Anda bisa mencampurkan tahu ke dalam makanan bayi dan menghaluskannya dengan blender atau ditumbuk dan disaring sesuai tekstur yang diinginkan. Jika sudah berusia di atas 10 bulan, Anda bisa menjadikan tahu sebagai finger food.
ADVERTISEMENT
Moms, agar manfaat tahu makin maksimal, Anda juga wajib tahu cara penyimpanan dan pemilihan yang baik. Pilihlah tahu yang tidak berbau dan tidak asam.
Jika Anda membeli tahu padat, segera mencucinya dan simpan di kulkas dalam wadah yang telah diberi sedikit air. Cara ini dapat membuat tahu bertahan hingga satu minggu lamanya. Sementara bila Anda membeli tahu sutra, sebaiknya setelah kemasan dibuka langsung dihabiskan.
Namun tahu padat lebih kaya akan protein dibandingkan tahu sutra dan lebih baik bila Anda memberikan tahu putih untuk mengurangi penggunaan pewarna makanan, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan