Mom
·
12 Desember 2020 16:00

Meghan Trainor Alami Diabetes Gestasional saat Hamil, Apa Bahayanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Meghan Trainor Alami Diabetes Gestasional saat Hamil, Apa Bahayanya (392635)
searchPerbesar
Meghan Trainor. Foto: Instagram/@Meghan Trainor
Kabar bahagia datang dari penyanyi Meghan Trainor dan suaminya, Daryl Sabara. Setelah menikah tahun 2018, pada bulan Oktober lalu, Meghan Trainor mengumumkan bahwa ia sedang hamil bayi laki-laki.
ADVERTISEMENT
Namun, di tengah kabar bahagia tersebut, ada kekhawatiran yang dirasakan Trainor, Moms. Wah, ada apa?

Meghan Trainor Alami Diabetes Gestasional saat Hamil

Dilansir Today, Trainor mengungkapkan bahwa dia didiagnosis diabetes gestasional. Tapi ia mengatakan bahwa kondisi janin dan dirinya baik-baik saja.
“Ada masalah kecil pada kehamilan saya. Saya didiagnosis menderita diabetes gestasional, tetapi ini dapat ditangani dan tidak apa-apa. Saya dan anak saya sehat,” kata Trainor.
Meski didiagnosis mengalami diabetes gestasional, Trainor merasa lega karena dia bukan satu-satunya wanita hamil yang mengalami itu. Demi menjaga kehamilannya, Trainor berencana akan sangat memperhatikan semua yang dia makan. Menurutnya, ia mengalami diabetes gestasional karena faktor keturunan. Rupanya sang ibu, Kelli, juga pernah menderita penyakit tersebut.
ADVERTISEMENT

Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

Meghan Trainor Alami Diabetes Gestasional saat Hamil, Apa Bahayanya (392636)
searchPerbesar
Meghan Trainor. Foto: Instagram/@Meghan Trainor
Mengutip Centers for Disease Control and Prevention (CDC), diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang dapat berkembang selama kehamilan pada wanita yang belum pernah menderita diabetes. Ya, ada sekitar 2-10 persen wanita hamil yang mengalami hal tersebut.
Diabetes gestasional terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat membuat cukup insulin selama kehamilan. Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas yang bertindak untuk memasukkan gula darah ke dalam sel-sel di tubuh untuk digunakan sebagai energi.
Tubuh ibu hamil sering kali menghasilkan lebih banyak hormon dan mengalami berbagai perubahan, misalnya penambahan berat badan yang signifikan. Perubahan ini menyebabkan sel-sel tubuh Anda menggunakan insulin secara kurang efektif, atau suatu kondisi yang disebut resistensi insulin. Kondisi ini akan meningkatkan kebutuhan tubuh Anda akan insulin.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya semua ibu hamil akan mengalami resistensi insulin. Namun, beberapa wanita mengalami resistensi insulin bahkan sebelum mereka hamil. Mereka yang hamil pada kondisi tersebut lebih berisiko menderita diabetes gestasional.