kumparan
2 Jan 2019 19:56 WIB

Membandingkan Sereal Nestle Koko Krunch vs Simba Choco Chips

Membandingkan sereal Simba Choco Chips dan Nestle Koko Krunch (Foto: Safira Maharani/kumparan)
Sereal kerap menjadi menu sarapan favorit anak. Tak hanya mudah dan praktis disajikan, rasanya yang lezat membuat anak berselera. Komposisi gizinya juga cukup menjadi sumber energi anak hingga jam makan siang.
ADVERTISEMENT
Nah, ada dua merek sereal anak mudah ditemukan di pasaran. Apalagi jika bukan Nestle Koko Krunch dan Simba Choco Chips. Keduanya dapat dibeli swalayan terdekat dari tempat tinggal Anda.
Sama populernya, mungkin Anda bingung memilih antara dua produk tersebut untuk jadi menu sarapan rutin si kecil. kumparanMOM membandingkan Nestle Koko Krunch dan Simba Choco Chips rasa coklat. Komparasi berikut barangkali bisa membantu:
Komposisi
Sereal Nestle Koko Krunch (Foto: Safira Maharani/kumparan)
Dalam kemasannya, tertulis bahwa komposisi Nestle Koko Krunch terdiri atas serealia (tepung gandum utuh (27 persen), tepung gandum, semolina jagung), gula, kakao bubuk, ekstrak malt (barli), minyak nabati, 1 mineral, garam, pengemulsi lesitin kedelai, perisa sintetik, premiks vitamin & mineral, dan antioksidan tokoferol campuran pekat.
Sedangkan komposisi Simba Choco Chips terdiri atas tepung gandum (53,16 persen), coklat bubuk, pasta coklat, susu bubuk minyak nabati, gula ekstrak malt, garam, pengemulsi lesitin kedelai, kalsium karbonat, pewarna karamel III (E-150C), perisa artifisial coklat (mengandung perwarna karamel IV), dan premiks vitamin.
ADVERTISEMENT
Bisa dilihat dari komposisi di atas bahwa Koko Krunch terdiri dari tepung gandung utuh yang tidak dimiliki Choco Chips.
Informasi Nilai Gizi
Berdasarkan informasi nilai gizi, Nestle Koko Krunch mengandung energi total 130 kilo kalori (kkal) tiap takaran saji (30 gram). Sementara energi dari lemak berkisar 20 kkal.
Sementara Simba Choco Chips, mengandung 110 kkal per takaran saji (30 gram), dengan energi dari lemak 10 kkal.
Kedua produk ini mengandung karbohidrat, protein, natrium, kalsium, zat besi, vitamin B2, B3, B5, B6, B9 dalam jumlah yang tak terlalu berbeda.
Yang bisa digarisbawahi, Simba Choco Chips mengandung garam hampir dua kali lipat lebih banyak. Namun produk itu juga mengandung fosfor dan magnesium yang tidak dimiliki Koko Krunch.
ADVERTISEMENT
Harga
Membandingkan sereal Simba Choco Chips dan Nestle Koko Krunch (Foto: Safira Maharani/kumparan)
Kedua produk ini tersedia dalam kemasan karton, cup, dan plastik dalam beragam berat bersih. Anda bisa memilih berdasarkan ukuran yang diinginkan. Untuk percobaan menentukan anak suka atau tidak, sebaiknya pilih kemasan cup untuk sekali makan.
Nah bicara tentang harga, Nestle Koko Krunch sedikit lebih mahal. Untuk kemasan karton 170 gram misalnya, Koko Krunch dibanderol Rp 20.400 di suatu mini market saat dibeli kumparanMOM pada Selasa (2/1). Sedangkan Simba Choco Chips dibanderol seharga Rp 18.200.
Sedangkan untuk kemasan cup 32 gram, Koko Krunch dibanderol senilai Rp 8.100. Simba Choco Chips dalam ukuran sedikit lebih besar, yakni 36 gram, dibanderol senilai Rp 7.200.
Rasa
Sereal Simba Choco Chips (Foto: Safira Maharani/kumparan)
kumparanMOM mencampur kedua merek sereal dengan susu full cream. Setelah kami coba, Simba Choco Chips ternyata lebih mudah menyerap susu dibandingkan Koko Krunch. Alhasil rasanya jadi tidak terlalu manis.
ADVERTISEMENT
Sedangkan Nestle Koko Krunch yang ditambahkan susu terasa lebih manis. Mungkin karena rasa serealnya tidak mudah melebur dengan susu seperti Simba Choco Chips.
Lalu kumparanMOM mencoba kedua produk itu tanpa susu. Jika dimakan keringan, Simba Choco Chips terasa lebih manis dibandingkan Koko Krunch. Hal ini mungkin bisa dijadikan pertimbangan jika si kecil tidak terlalu suka susu.
Tekstur
Membandingkan sereal Simba Choco Chips dan Nestle Koko Krunch (Foto: Safira Maharani/kumparan)
Baik Nestle Koko Krunch maupun Simba Choco Chips sama-sama renyah. Ukuran per biji serealnya pun sama. Namun biji sereal Nestle Koko Krunch berbentuk koala yang mungkin akan membuat anak gemas.
Kemasan
Kemasan belakang Nestle Koko Krunch dan Simba Choco Chips (Foto: Shika Arimasen Michi/kumparan)
Kedua merek sereal ini punya kemasan interaktif yang bisa dimainkan anak-anak.
Pada sisi belakang kemasan karton 170 gram Nestle Koko Krunch, terdapat ilustrasi hutan Amazon dimana anak diminta mencari karakter Koko pada gambar tersebut. Tertulis pula informasi edukatif bahwa hutan hujan Amazon memiliki 16 ribu jenis pohon. Koko Krunch juga kerap mengadakan permainan berhadiah yang diumumkan pada sisi belakang kemasan.
ADVERTISEMENT
Sementara pada sisi belakang kemasan karton 170 gram Simba Choco Chips, terdapat ilustrasi foto keluarga. Anak diminta menggunting ilustrasi tersebut sesuai garis putus-putus untuk kemudian ditempeli foto keluarga.
Saran penyajian, komposisi, informasi nilai gizi, juga tertulis lengkap pada kemasan kedua merek sereal.
Jadi, Anda pilih yang mana Moms untuk sarapan anak besok?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan