Mom
·
18 Februari 2021 10:18

MPASI Bayi 6 Bulan, Bolehkah Diberi Bumbu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
MPASI Bayi 6 Bulan, Bolehkah Diberi Bumbu? (40828)
Ilustrasi MPASI bayi 6 bulan. Foto: Shutterstock
Menyiapkan menu MPASI bayi 6 bulan tidak boleh sembarangan. Kita harus benar-benar memastikan kandungan nutrisi di dalam makanan, untuk menunjang tumbuh kembang bayi.
ADVERTISEMENT
Perlu dipahami bahwa di tahap awal, MPASI harus diberikan dengan tekstur yang paling lembut seperti puree (saring) atau mashed (lumat). Sebab, pada usia 6 bulan, bayi masih belum mempunyai kemampuan untuk mengunyah makanan dengan baik.
Oleh karena itu, Moms, penting bagi Anda untuk menyesuaikan pemberian MPASI bayi dengan usianya, termasuk soal pemberian bumbu. Umumnya, orang tua akan menambahkan bumbu ke dalam masakan untuk menambah cita rasa makanan si kecil. Namun pemberian bumbu pada MPASI bayi 6 bulan ada aturannya.

Aturan Pemberian Bumbu MPASI Bayi 6 Bulan

MPASI Bayi 6 Bulan, Bolehkah Diberi Bumbu? (40829)
Ilustrasi makanan bayi. Foto: Shutterstock
Sama seperti orang dewasa, bayi juga ingin menikmati makanan dengan rasa yang enak. Rasa makanan yang enak tentu akan membuat bayi lebih semangat dan makan dengan lahap. Selain itu, memberikan bumbu pada makanan bayi cenderung membuat mereka tidak tumbuh menjadi anak yang pilih-pilih makanan alias picky eater.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Anda tetap harus memerhatikan bumbu apa saja yang boleh diberikan kepada bayi usia 6 bulan. Misalnya, menghindari penggunaan gula dan garam di dalam MPASI bayi. Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA, MARS, seperti yang dikutip dari laman Klinik dr. Tiwi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memang tidak menyatakan pelarangan pemberian garam maupun gula ke makanan bayi.
Namun, menurut dr. Tiwi, bayi itu sebenarnya menyukai makanan lokal yang segar. Ini karena selera makan bayi pada dasarnya bagus dan sehat, yakni suka makanan yang tanpa tambahan gula dan garam. Lain halnya apabila bayi memang cenderung susah makan saat mulai masa MPASI, maka boleh diberikan sedikit garam.
ADVERTISEMENT
Laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melansir, anak di bawah usia 1 tahun boleh diberikan gula dan garam di dalam makanannya dengan jumlah sesedikit mungkin saat mereka sedang tidak mau makan.

Bumbu yang Boleh Diberikan untuk Bayi

MPASI Bayi 6 Bulan, Bolehkah Diberi Bumbu? (40830)
Ilustrasi rempah-rempah Foto: Shutterstock
Tenang, Moms, meski tidak disarankan untuk memberikan gula dan garam ke dalam MPASI bayi 6 bulan sebagai bumbu, Anda masih bisa menggunakan bahan lainnya. Misalnya penggunaan rempah-rempah seperti kayu manis dan kapulaga. Ya, kedua jenis rempah ini dikenal baik untuk kesehatan bayi dan boleh diberikan sejak usia si kecil 6 bulan.
Rasa dan aroma enak dari kayu manis yang dikeringkan dapat menambah nafsu makan bayi Anda. Anda bisa mencampurkan sedikit kayu manis ke dalam puree buah atau bubur si kecil.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kayu manis juga mempunyai sifat antibakteri dan anti inflamasi yang mampu membantu tubuh bayi melawan infeksi, memperkuat imunitas, menjaga sistem pencernaan, membantu meringankan hidung tersumbat hingga meningkatkan kemampuan otaknya.
Penggunaan kapulaga sebagai tambahan bumbu untuk MPASI bayi 6 bulan juga hal yang sah-sah saja dilakukan. Apalagi, kapulaga dikenal kaya akan zat besi, magnesium, kalsium dan vitamin C. Kandungan ini dapat membantu mengatasi kembung, cegukan serta menjaga kebersihan gigi dan mulut bayi Anda. Coba saja tambahkan sedikit bubuk kapulaga sebagai bumbu MPASI bayi 6 bulan untuk menambah cita rasanya.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis