kumparan
7 Februari 2018 11:47

Pahami Manfaat Menyanyikan Lagu untuk Bayi

Anak Bayi (Foto: Unsplash)
Agar si kecil tumbuh cerdas, banyak cara yang dapat dilakukan orang tua. Salah satunya sederhana saja, menyanyikan lagu dan bersenandung buat anak.
ADVERTISEMENT
Dikutip kumparanMom (kumparan.com) dari theguardian.com, menurut Sally Goddard Blythe Msc., Direktur Internasional Institut Neuro-Fisiologis Psikologi di Chester, Inggris, orang tua yang menyanyikan lagu sebelum tidur maupun bersenandung untuk anak-anak mereka sebelum anak belajar berbicara, merupakan pilar terpenting untuk keberhasilan pendidikan dan kestabilan emosional kelak.
Anak bayi yang digendong ibunya (Foto: Thinkstock)
Sally Goddard yang juga merupakan penulis sejumlah buku tentang perkembangan anak menambahkan, nyanyian merupakan salah satu bentuk komunikasi.
“Lagu pengantar tidur yang suka dinyanyikan orangtua biasanya merupakan lagu daerah dari tempat orang tuanya berasal. Rima dan nada tiap budaya punya ciri khas masing-masing, serta sangat melekat dengan bahasa ibu (mother tongue). Si kecil yang diperdengarkan lagu tersebut bisa menstimulasi kemampuan berpikirnya untuk kemudian dituangkan ke dalam kata-kata dan kemampuan berbahasanya. Mendengarkan lagu maupun ikut bernyanyi bersama-sama dapat memengaruhi perkembangan kedua sisi otak,” kata Sally Goddard.
ADVERTISEMENT
Menurut National Literacy Trust, sebuah lembaga sosial yang bergerak dalam membantu anak kurang beruntung di Inggris menyebutkan, anak-anak yang masuk usia sekolah kerapkali ditemui kemampuan berbahasanya tidak memadai.
Hal ini terjadi akibat orang tua tidak membantu mereka mengembangkan keterampilan tersebut. Sally Goddard percaya bahwa menyanyikan lagu untuk anak merupakan cara paling efektif mengembangkan kemampuan komunikasi anak.
Adapun terdapat perbedaan antara anak mendengarkan lagu itu secara langsung, dibandingkan dengan musik rekaman. Yakni terjadi interaksi dua arah antara Anda dan anak. Perhatikan, anak seperti memperhatikan bibir Anda dan menggerakan mulutnya juga, seperti menandakan ia ikut bernyanyi.
Nah, jangan lupa senandungkan lagu buat si kecil nanti malam ya, Moms!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan