Mom
·
14 Agustus 2020 12:02

Penyebab Bayi Terlambat Tumbuh Gigi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Bayi Terlambat Tumbuh Gigi (283537)
Penyebab Bayi Terlambat Tumbuh Gigi. Foto: Shutterstock
Senangnya melihat bayi tumbuh gigi! Si kecil tampak semakin menggemaskan dengan mutiara putih kecil di mulutnya yang tampak saat ia tersenyum atau tertawa. Tak hanya soal gemas, pertumbuhan gigi juga jadi tahap perkembangan bayi yang sangat penting.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui Moms, gigi bayi tumbuh secara bertahap. Biasanya,gigi pertama bayi yang tumbuh lebih dulu adalah gigi bagian atas depan. Kemudian, selang beberapa minggu muncul lagi gigi bawah depan. Bagaimana cara mengetahui gigi bayi mulai tumbuh? Anda bisa melihat benjolan kecil pada bagian gusi sebelum gigi tersebut muncul, Moms.
Meski begitu, tumbuh gigi pada setiap bayi waktunya berbeda-beda. Ada bayi yang giginya tumbuh lebih cepat dari usianya, ada juga bayi giginya tumbuh lebih lama bahkan harus menunggu sampai dia berusia satu tahun lebih.
Penyebab Bayi Terlambat Tumbuh Gigi (283538)
Ilustrasi gigi bayi baru tumbuh. Foto: Shutter Stock
Lalu kapan sebenarnya usia normal pada bayi untuk tumbuh gigi?
"Mulai umur 6 bulan pada umumnya. Tapi ada yang lebih cepat 4 bulan, ada juga yang agak lambat. Tapi umumnya usia 6 bulan", ujar drg.Yulia Sri Bono Widyastuti, dokter gigi spesialis anak dari RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, ada juga bayi yang baru tumbuh gigi setelah usianya di atas 6 bulan. Menurut drg.Yulia, ini normal. Namun jika bayi terlambat tumbuh gigi sampai usia 24 bulan, orang tua perlu waspada dan membawa si kecil ke dokter gigi spesialis anak untuk diperiksa.
Lantas, apa yang jadi penyebab bayi terlambat tumbuh gigi?
Penyebab Bayi Terlambat Tumbuh Gigi (283539)
Ilustrasi bayi tumbuh gigi. Foto: Shutter Stock

Alasan Bayi Usia 5 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Moms, perkembangan tiap bayi tentunya akan berbeda. Sebagian dari mereka mungkin ada yang mengalami percepatan tumbuh kembangnya, namun sebagian lainnya mungkin ada pula yang mengalami keterlambatan.
David Geller, MD, Dokter Spesialis Anak di Bedford, Massachusetts, Inggris menjelaskan, ada beberapa bayi yang giginya tumbuh lebih awal, misalnya di usia 4 bulan. Perlu juga diketahui, saat masih berada di dalam kandungan pun sebenarnya pertumbuhan gigi bayi sudah dimulai.
ADVERTISEMENT
"Orang tua sering salah mengira saat bayi mengeluarkan air liur dan mengunyah kepalan tangannya sebagai tanda bahwa ia akan tumbuh gigi, terutama saat bayi berusia 3 bulan. Padahal nyatanya, ini adalah aktivitas yang umum dilakukan bayi seusianya dan belum tentu merupakan tanda gigi akan tumbuh," katanya seperti dikutip dari Baby Center. Jadi, tak perlu berlebihan.
Penyebab Bayi Terlambat Tumbuh Gigi (283540)
Ilustrasi gigi bayi yang baru lahir Foto: Shutter Stock

Penyebab Lain yang Perlu Diwaspadai

Namun, ada beberapa hal lainnya yang menyebabkan anak terlambat tumbuh gigi. Apa saja? Berikut kumparanMOM merangkumnya dari Parenting Firstcry:

1. Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan bisa menjadi salah satu hal yang mempengaruhi pertumbuhan gigi anak. Mungkin saja Anda atau pasangan pernah mengalami keterlambatan tumbuh gigi saat masih kecil. Jadi, tak heran apabila anak Anda pun akan mengalaminya.
Penyebab Bayi Terlambat Tumbuh Gigi (283541)
menyusui bayi Foto: Shutterstock

2. Asupan nutrisi

Apabila bayi Anda tidak mendapatkan ASI yang cukup atau susu formula yang dikonsumsinya tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan si kecil, maka hal ini juga dapat menjadi salah satu penyebab pertumbuhan gigi terhambat. Dalam ASI mengandung kalsium dan bayi Anda membutuhkannya untuk pertumbuhan dan perkembangan gigi serta tulangnya. Sementara susu formula biasanya mengandung nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan vitamin A, C, dan D yang dapat membantu pertumbuhan dan perbaikan tulang dan jaringan, kekebalan, dan perkembangan anak secara keseluruhan.
Penyebab Bayi Terlambat Tumbuh Gigi (283542)
Ilustrasi bayi. Foto: Shutter Stock

3. Hipotiroidisme

Bayi yang mengalami hipotiroidisme juga bisa mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi. Kondisi ini menyebabkan bayi dengan kelenjar tiroid yang tidak berfungsi dengan baik bisa memiliki kondisi perkembangan yang sangat lambat.
ADVERTISEMENT
Gejala penyakit ini termasuk seperti tubuh yang mudah lelah, bayi menjadi sangat lemah, rewel, sering terkena infeksi, sakit kepala, dan rasa kaku pada persendian.
Kemudian, bayi juga bisa menunjukkan gejala seperti terlambat berjalan, terlambat bicara, kelebihan berat badan, dan pertumbuhan gigi yang lambat. Apabila, gigi bayi Anda tak kunjung tumbuh setelah memasuki usia 13 bulan, segera bawa untuk berkonsultasi ke dokter ya, Moms!