Penyebab Bronkitis pada Anak Seperti yang Dialami Putra Zaskia Mecca

20 Februari 2023 14:33
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Zaskia Adya Mecca dan keluarga. Foto: Instagram/@zaskiadyamecca
zoom-in-whitePerbesar
Zaskia Adya Mecca dan keluarga. Foto: Instagram/@zaskiadyamecca
Hati orang tua pasti sedih dan terluka saat melihat anak sakit. Hal ini pula yang sedang dirasakan oleh pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Pasalnya, baru-baru ini putra ketiga mereka, Kaba asmanya kambuh hingga saturasi oksigennya menurun drastis.
Meski sebenarnya panik, mereka berusaha untuk terlihat baik-baik saja dan segera membawa Kaba ke rumah sakit.
"Saya dan @zaskiadyamecca harus terlihat santai di depan anak-anak. Padahal saturasi Kaba drop di angka 85-86. Dan jantung ini rasanya koprol akut," ungkap Hanung dalam unggahan di laman Instagram pribadinya.
Belakangan diketahui ternyata Kaba bukan hanya mengalami asma, melainkan bronkitis yang membuatnya harus dirawat secara intensif di ruangan ICU. Bronkitis merupakan peradangan atau iritasi pada saluran bronkus, yaitu pipa yang berfungsi sebagai penyalur udara.
Lantas, apa penyebab bronkitis pada anak-anak ya, Moms?

Penyebab Bronkitis pada Anak

com-Ilustrasi anak batuk pilek. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi anak batuk pilek. Foto: Shutterstock
Bronkitis dibagi menjadi dua kondisi yaitu akut dan kronis. Mengutip Stanford Children's Health, bronkitis akut biasanya terjadi tiba-tiba dan menyebabkan gejala yang parah. Namun, kondisi ini tidak berlangsung lama. Sementara bronkitis kronis merupakan kasus yang lebih parah dan bisa berlangsung dalam beberapa bulan hingga bertahun-tahun.
Bronkitis akut menjadi kasus yang lebih sering terjadi pada anak-anak daripada bronkitis kronis. Mengutip Very Well Health, penyebab paling umum bronkitis pada anak adalah virus dan bakteri, Moms.
Biasanya, kondisi ini dimulai dengan infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek. Virus penyebab bronkitis biasanya menginfeksi hidung, mulut, atau tenggorokan, yang kemudian menimbulkan berbagai gejala.
Selain itu ada juga beberapa penyebab lainnya, seperti paparan alergen termasuk debu, bulu binatang, dan polusi seperti asap rokok, asap kendaraan, hingga asap dari pembakaran yang kuat.
Moms, semua anak sebenarnya berisiko mengalami bronkitis apabila terpapar zat tersebut. Tetapi memang ada beberapa anak yang lebih berisiko. Yaitu mereka yang punya riwayat asma, sinusitis, dan amandel.

Seperti Apa Gejala Bronkitis pada Anak?

Ilustrasi anak batuk. Foto: TinnaPong/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak batuk. Foto: TinnaPong/Shutterstock
Dikutip dari Kids Health, bronkitis akut pada anak-anak sering dimulai dengan batuk kering yang mengganggu karena adanya peradangan pada lapisan tabung bronkial.
Berikut beberapa gejala lain yang perlu diwaspadai:
-Batuk dengan lendir
-Anak sesak napas
-Nyeri di bagian dada
-Sakit kepala
-Demam berkepanjangan
-Sakit tenggorokan
-Nyeri punggung dan otot
-Mengi (suara siulan atau mendesis saat bernapas)