Mom
·
21 November 2020 20:11

Penyebab Sperma Bau Telur Busuk

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Sperma Bau Telur Busuk (46816)
Ilustrasi sperma kental Foto: dok.shutterstock
Anda mungkin sudah paham dengan aroma sperma yang khas saat berhubungan seks. Ya, setiap pria sesungguhnya punya aroma sperma yang berbeda-beda. Tapi, apakah bau tersebut normal ya, Moms?
ADVERTISEMENT
Menurut Dokter Andrologi, dr. Maitra Djiang Wen, Sp.And-KFER, MClinEmbryol, bau sperma yang sehat pada umumnya memiliki aroma seperti vanila dan aroma tanaman lavender. Anda bisa mencium aromanya langsung sebelum masuk ke dalam vagina.
"Bau sperma itu kalau kita bilangnya itu kayak vanilla, lavender, tapi sebetulnya kita menyebutnya bau khas. Yang pasti kategorinya enak atau tidak enak, itu cenderung netral ke enak kali ya. Baunya khas sih lebih tepatnya," ujar dr. Maitra Djiang Wen, Sp.And-KFER, MClinEmbryol, saat dihubungi kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Bau sperma ini terbentuk dari kandungan yang terdapat di dalam sperma, yaitu seperti selenium, zinc, asam folat, dan antioksidan. "Semua bahan ini kan nutrisi-nutrisi yang nantinya berperan juga pada adanya peluang kehamilan," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana bila sperma berbau seperti telur busuk? Normalkah hal itu? Sebab, sperma yang sehat juga sangat menentikan peluang kehamilan.

Penyebab Sperma Berbau Telur Busuk

Penyebab Sperma Bau Telur Busuk (46817)
Ilustrasi sperma. Foto: Shutterstock
Moms, bila sperma suami Anda berbau seperti telur busuk, maka Anda harus waspada, sebab hal itu tidak normal. Ya, sperma yang berbau amis ataupun seperti telur busuk menandakan adanya infeksi.
"Misal bau amis, ada merah-merah ada darahnya, itu biasanya ada infeksi. Kemudian kalau yang kuning baunya bukan amis tapi bau busuk, nah itu bau infeksi juga," ujar dokter yang praktik di Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.
Adapun bau sperma itu sendiri dapat menjadi tanda apakah pria tersebut sedang sehat atau tidak. Oleh karena itu, bila aroma sperma suami Anda berbau tidak sedap, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter. Hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab infeksi yang membuat sperma menjadi berbau amis hingga busuk.
ADVERTISEMENT
“Ada bau-bau tertentu yang perlu diagnosa dan diperlukan pengecekan lebih lanjut,” pungkas dr. Maitra.