kumparan
search-gray
Mom23 April 2018 18:39

Peran Hormon Estrogen dan Progesteron Pada Ibu Hamil

Konten Redaksi kumparan
Peran Hormon Estrogen dan Progesteron Pada Ibu Hamil (830266)
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Kehamilan membawa banyak perubahan signifikan pada wanita. Perubahan tersebut dapat berupa emosi, selera makan, atau bentuk tubuh.
ADVERTISEMENT
Hal itu merupakan suatu respons alami dari tubuh wanita yang sedang mengandung, sebagai bentuk persiapan tubuhnya saat melahirkan nanti. Kondisi tersebut muncul karena adanya hormon di dalam tubuh, utamanya hormon estrogen dan progesteron.
Lantas, apa saja peran hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan?
Pada dasarnya, hormon estrogen dan progesteron memegang perannya masing-masing dalam menunjang proses kehamilan hingga kelahiran. Termasuk, pada awal produksinya.
Peran Hormon Estrogen dan Progesteron Pada Ibu Hamil (830267)
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Mengutip buku Anti Panik Menjalani Kehamilan oleh Tiga Generasi, estrogen dikeluarkan oleh indung telur yang kemudian langsung digunakan untuk mempersiapkan lapisan rahim. Di samping itu, estrogen juga bisa melancarkan aliran darah, meningkatkan kesehatan tulang ibu dan bayi, hingga mampu merangsang kelenjar menyusui.
Sementara progesteron diproduksi oleh indung telur dan juga oleh plasenta yang dimulai saat usia kehamilan memasuki trimester kedua.
ADVERTISEMENT
Hormon ini, berperan mengontrol metabolisme tubuh ketika hamil, mencegah infeksi di rahim dengan mempertebal ‘penutup’ yang ada di leher rahim, hingga memperkuat otot-otot di dinding pelvis di panggul untuk menyiapkan persalinan.
Meski keduanya seolah berbeda, namun estrogen dan progesteron memiliki kesamaan peran dalam memastikan perkembangan embrio agar tetap melekat ke rahim selama proses kehamilan.
Dan tentunya, satu sama lain saling menguatkan dalam perannya menunjang kehamilan hingga proses melahirkan, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white