Perjuangan Para Ibu Baru: Menghadapi Baby Blues setelah Melahirkan

21 Desember 2022 18:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tantangan ibu baru, menghadapi baby blues setelah melahirkan. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Tantangan ibu baru, menghadapi baby blues setelah melahirkan. Foto: Shutterstock
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagi sebagian perempuan, peralihan menjadi seorang ibu baru bisa dibilang sebagai momen yang membahagiakan sekaligus mendebarkan. Perempuan harus kembali beradaptasi dengan banyak perubahan dan rutinitas baru saat mengurus anak.
Mengurus buah hati ini dilakukan seolah tanpa istirahat, sehingga tak jarang membuat ibu pun kurang waktu untuk tidur cukup dan mengistirahatkan diri. Belum lagi komentar dan saran dari orang-orang terdekat yang justru membuat ibu bingung menentukan pola pengasuhan yang benar.
Kelelahan fisik ditambah ketidakstabilan mental saat mengurus anak ini menjadi salah satu faktor terjadinya baby blues. Sindrom ini menyebabkan ibu mudah mengalami mood swing, merasa sedih dan kosong, stres, dan cemas setelah melahirkan.
Bahkan menurut Healthline, 80 persen ibu baru mengalami baby blues pascamelahirkan. Normalnya, baby blues terjadi pada hari-hari pertama merawat bayi baru lahir dan akan membaik sampai bayi berusia dua minggu. Namun bila terjadi berkepanjangan dan gejalanya tidak membaik, dapat menyebabkan postpartum depression yang bisa berujung pada gangguan mental.
Di awal-awal menjadi ibu baru, satu hal yang paling dibutuhkan adalah support system dari orang-orang terdekat, terutama suami. Dukungan suami dengan cara mendampingi, menjadi pendengar yang baik, dan ikut berkontribusi langsung dalam merawat anak bisa membuat ibu lebih percaya diri dalam mengambil keputusan terutama yang menyangkut anak.
Seperti juga, Le Minerale yang berkomitmen menjadi support system untuk membuat ibu merasa selalu tenang melalui produknya yang dikemas dengan kemasan yang selalu baru, tutup kedap udara, bebas BPA untuk keamanan dan kesehatan keluarga. Le Minerale juga berkolaborasi bersama kumparanMOM dan kumparanWOMAN menghadirkan My Mom My Inspiration 2022.
I Am Doing Great Video Story “Perjuanganku Mengatasi Baby Blues” yang akan ditayangkan pada Kamis 22 Desember 2022 di Instagram kumparan. Foto: kumparan
Bertema “I Am Doing Great”, kumparan bersama Le Minerale menghadirkan kisah inspiratif seorang ibu yang berhasil melewati masa-masa baby blues di awal mengasuh anak. Menjadi brand air mineral yang selalu menjamin kebersihan dan kehigienisannya, Le Minerale ingin selalu mendampingi ibu agar tetap sehat dan dapat memberikan yang optimal di setiap momen merawat anak.
Yuk, saksikan I Am Doing Great Video Story “Perjuanganku Mengatasi Baby Blues” yang akan ditayangkan pada Kamis 22 Desember 2022 di Instagram kumparan.
Jangan lupa juga untuk mengikuti rangkaian program My Mom My Inspiration 2022 lainnya di media sosial dan YouTube kumparan, 20-22 Desember 2022. Nantikan keseruannya, Moms!