Mom
·
13 Oktober 2020 10:03

Perkembangan Bayi 7 Bulan, Yang Sehat dan Normal Seperti Apa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perkembangan Bayi 7 Bulan, Yang Sehat dan Normal Seperti Apa? (22575)
Ilustrasi perkembangan bayi usia 7 bulan. Foto: Shutterstock
Moms, apa kabar bayi Anda saat ini? Jika kini ia sudah berusia 7 bulan, tentu ada banyak perkembangan yang telah dicapai si kecil. Pada umumnya, di usia ini bayi bisa menjadi lebih mandiri dan mengembangkan kepribadian uniknya sendiri. Misalnya saja mengambil mainan favoritnya atau merangkak dari satu tempat ke tempat lain. Senang ya, melihatnya!
ADVERTISEMENT
Bayi usia 7 bulan juga sudah dapat mengendalikan lingkungannya dan merasakan bahwa memegang kendali menjadi suatu hal yang menyenangkan. Inilah saatnya untuk mengajak bayi melakukan banyak kegiatan untuk mendorong mobilitas, kreativitas, dan rasa ingin tahunya yang semakin besar.
Agar lebih jelas, yuk Moms, kita bahas satu persatu tonggak perkembangan bayi usia 7 bulan yang sehat dan normal seperti dilansir dari laman WebMD:
Perkembangan Bayi 7 Bulan, Yang Sehat dan Normal Seperti Apa? (22576)
Bayi Mengambil Mainan Saat Belajar Merangkak Foto: Pixabay

Keterampilan Motorik Bayi 7 Bulan

Menurut Dan Brennan, MD, dokter spesialis anak yang berada di Los Angeles, California, AS, bayi berusia 7 bulan pada umumnya belajar menjelajah apa yang ada disekitarnya atau berkeliling. Kendati demikian, tidak semua bayi akan melakukan hal ini dengan cara yang sama.
Sebagian besar bayi biasanya sudah bisa merangkak, berlari, berguling, atau bahkan menggabungkan hal tersebut secara bersamaan. Sebagai orang tua, Anda pun dapat memberikan stimulasi kepada si kecil dengan meletakkan mainan di luar jangkauan mereka.
ADVERTISEMENT
Namun, tetap pastikan bahwa bayi aman saat menjelajah. Anda pun dapat menyimpan mainan atau benda lain yang berisi potongan kecil atau tajam di tempat aman. Sebab, bayi usia 7 bulan sudah bisa duduk tanpa bantuan dan meraih atau mengambil mainan sendiri.
Selain itu, di usia ini bayi seharusnya sudah cukup kuat untuk menahan diri dengan kedua kakinya saat disangga. "Berlatih keterampilan ini akan memperkuat otot-otot kaki dan membantunya bersiap untuk berjalan," ujar dr. Brennan.
Perkembangan Bayi 7 Bulan, Yang Sehat dan Normal Seperti Apa? (22577)
Ilustrasi bayi tumbuh gigi. Foto: Shutter Stock

Pertumbuhan Gigi Bayi 7 Bulan

Di usia sekitar 5-7 bulan biasanya tunas gigi bayi bayi pertama kali muncul dari gusi. Pada saat itu pula bayi akan llebih banyak mengeluarkan air liur berlebih dan mungkin ia akan lebih rewel dari biasanya. Karena ketidaknyamanan pada gusi, Anda dapat menenangkan si kecil dengan cara memberikan kain dingin atau mainan seperti teether untuk digigit si kecil.
ADVERTISEMENT
Saat gigi si kecil sudah mulai muncul, jangan lupa untuk membersihkan gigi mereka dengan sikat gigi bayi yang berbulu halus yang dapat Anda temukan di toko bayi. Hal ini guna menghindari risiko kerusakan gigi.
Perkembangan Bayi 7 Bulan, Yang Sehat dan Normal Seperti Apa? (22578)
bayi makan Foto: Shutterstock

Keterampilan Makan Bayi 7 Bulan

Bayi usia 7 bulan seharusnya sudah mulai makanan padat, bahkan sejak usia 6 bulan. Anda pun kini sudah dapat memperkenalkan berbagai jenis makanan yang lebih enak. Misalnya saja, Anda dapat menambahkan makanan yang lebih tebal karena dapat membantu si kecil menyesuaikan diri dengan tekstur baru sekaligus mengajarinya cara mengunyah.
Tiap kali memperkenalkan makanan baru, cobalah tunggu selama beberapa hari sebelum mencoba menu yang lain. Anda juga tetap harus memperhatikan tanda-tanda alergi seperti diare, muntah, ruam, atau bahkan sesak napas.
Perkembangan Bayi 7 Bulan, Yang Sehat dan Normal Seperti Apa? (22579)
ibu mengajak bayi bermain Foto: Shutterstock

Kemampuan Komunikasi Bayi 7 Bulan

Moms, rupanya di usia ini si kecil sudah mulai mengerti arti bahasa, lho. Ya, pada umumnya bayi dapat merespons saat Anda mengatakan 'tidak' meskipun pada usia ini ia tak selalu mengikuti perintah yang Anda berikan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, bayi usia 7 bulan biasanya juga mulai menjadi 'ahli' komunikasi nonverbal. Ya, si kecil bisa membuat berbagai ekspresi dengan wajah mereka, mulai dari senyum lebar hingga cemberut. Lucu ya. Mereka juga dapat memahami bagaimana perasaan Anda dengan nada suara dan ekspresi wajah yang Anda tunjukan, Moms.
"Bayi Anda juga mulai berkomunikasi secara vokal dengan membuat banyak suara yang berbeda, seperti tawa atau mengoceh dan mengeluarkan suara 'da-da-da,'" kata Brennan.