Mom
·
27 Oktober 2020 8:02

Perlukah Minum Suplemen agar Cepat Hamil? Yang Mau Promil Wajib Tahu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perlukah Minum Suplemen agar Cepat Hamil? Yang Mau Promil Wajib Tahu (51813)
Ilustrasi berbagai jenis suplemen Foto: Thinkstock
Banyak pasangan ingin bisa cepat hamil. Tapi tentu saja, keinginan perlu dibarengi dengan usaha maupun doa. Mulai dari memeriksakan kesuburan, memastikan kondisi tubuh selalu prima hingga menjaga gaya hidup dan pola makan sehat.
ADVERTISEMENT
Lantas bagaimana dengan konsumsi suplemen atau vitamin agar cepat hamil? Apakah memang dibutuhkan? Mengutip laman Rumah Sakit Ibu dan Anak Citra Ananda, dokter spesialis kandungan, dr. Ivander R. Utama, SpOG, menjelaskan mengenai hal ini, Moms.
dr. Ivander mengatakan, memang ada suplemen yang sangat dibutuhkan untuk membantu program kehamilan, yaitu asam folat.zSementara menurutnya, suplemen lain tak terlalu berpengaruh pada upaya cepat hamil. Agar lebih jelas, berikut pemaparan terkait 4 suplemen yang kerap dipercaya bisa bermanfaat bagi program kehamilan atau promil:
Perlukah Minum Suplemen agar Cepat Hamil? Yang Mau Promil Wajib Tahu (51814)
Ilustrasi vitamin E Foto: Shutterstock

4 Suplemen Kerap Dipercaya Bisa Membantu Agar Cepat Hamil

Vitamin E

Ibu yang sedang melakukan program hamil tidak perlu banyak-banyak meningkatkan konsumsi vitamin E dari suplemen. Sebab sumber vitamin E sudah cukup diperoleh dari sayur berdaun hijau. Selain itu, suplemen vitamin E juga tidak terbukti meningkatkan keberhasilan program kehamilan Anda, Moms.
ADVERTISEMENT

Antioksidan

Sekarang ini banyak suplemen berbahan antioksidan yang dikatakan bisa membuat wanita cepat hamil. Padahal menurut penelitian ilmiah yang dilakukan suplemen antioksidan juga sama sekali tidak bermanfaat bagi program kehamilan Anda. Bahkan konsumsi berlebihan dapat menimbulkan risiko kanker.

Multivitamin

Sekarang ini banyak iklan multivitamin yang menjanjikan vitamin tambahan untuk tubuh terutama ibu hamil. Menurut dr. Ivander, nyatanya multivitamin tidak terlalu dibutuhkan dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program kehamilan. Hanya dengan pola makan sehat dan seimbang, Anda bisa mendapatkan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, Moms.
Perlukah Minum Suplemen agar Cepat Hamil? Yang Mau Promil Wajib Tahu (51815)
Ilustrasi Vitamin. Foto: Shutter Stock

Vitamin A

Ada beberapa jenis vitamin yang berbahaya bila dikonsumsi terlalu banyak saat Anda hamil muda, salah satunya adalah vitamin A. Vitamin A adalah salah satu vitamin yang berfungsi juga sebagai antioksidan, bila dikonsumsi dalam dosis tinggi yakni lebih dari 10.000 IU, bisa berpotensi sebagai teratogen yakni menyebabkan cacat pada bayi.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu bila ingin cepat hamil, dr. Ivander menyarankan agar istri maupun suami menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Menurutnya, ini lebih penting dijalani ketimbang mengonsumsi aneka macam vitamin dan suplemen yang belum tentu bermanfaat. Ia menegaskan, hanya asam folat yang terpenting dikonsumsi saat sedang merencanakan kehamilan.