kumparan
search-gray
Mom21 Juni 2018 15:12

Pilihan Camilan Sehat Ibu Hamil

Konten Redaksi kumparan
Pilihan Camilan Sehat Ibu Hamil (30762)
Ibu hamil makan sehat. (Foto: Thinkstock)
Ibu hamil wajib mengonsumsi asupan bergizi seimbang setiap hari, demi menjaga kesehatan calon ibu dan bayi di dalam kandungan. Selain mengonsumsi makanan pokok secara rutin, camilan juga berperan dalam pemenuhan gizi harian Anda.
ADVERTISEMENT
Setidaknya, waktu untuk menikmati camilan adalah dua kali sehari. Perhatikan pula menu camilannya, pilih yang bernutrisi sehat, seperti pilihan di bawah ini:
Buah Segar
Pilihan Camilan Sehat Ibu Hamil (30763)
Ibu hamil makan buah (Foto: Thinkstock)
Menjadikan buah segar potong sebagai kudapan, memang hampir tak pernah salah. Buah segar seperti stroberi, semangka, dan berry merupakan buah terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Selain mengandung vitamin yang baik untuk tubuh ibu hamil dan janin, ketiga buah tersebut juga memiliki kandungan air yang dapat menghidrasi tubuh ibu hamil.
Selain menghidrasi, air dalam buah juga bisa melembabkan kulit ibu hamil.
Biskuit dan Keju
Kombinasi antara biskuit gandum dan keju merupakan cara yang tepat, untuk mendapatkan protein dan serat secara sekaligus. Sembelit merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui ketika hamil, jadi adalah penting untuk Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, Moms.
ADVERTISEMENT
Telur Rebus
Pilihan Camilan Sehat Ibu Hamil (30764)
Telur (Foto: Pixabay)
Jika Anda adalah penggemar telur, maka selamat! Makanan yang satu ini bisa Anda konsumsi secara rutin. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur rebus juga bagus untuk membantu perkembangan saraf otak bayi dalam kandungan. Ini dikarenakan telur memiliki kandungan kolin yang tinggi.
Dikutip dari laman very well family, beberapa penelitian juga telah menyebutkan bahwa telur dipercaya bisa meredamkan rasa mual saat hamil.
Tapi, pastikan telur yang Anda makan sudah direbus secara utuh dan tidak ada bagian yang masih mentah atau setengah matang ya, Moms.
Kacang-kacangan
Kacang almond merupakan salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumi saat hamil. Almond memiliki kandungan nutrisi seperti protein, Vitamin E, Vitamin B2, dan serat, yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin.
Pilihan Camilan Sehat Ibu Hamil (30765)
Manfaat kacang Almond untuk bayi (Foto: Dok. Shutterstock.com)
Dilansir dari Mom Junction, kacang almond bermanfaat dalam menurunkan risiko timbulnya alergi pada bayi setelah lahir. Ibu hamil yang mengonsumsi almond lima kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko alergi terhadap calon bayi. Risiko terkena alergi akan semakin ditekan karena sudah terbiasa dengan kacang-kacangan sejak dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Kandungan serat yang terdapat pada almond membantu memperlancar pencernaan ibu. Selain itu, vitamin E yang terkandung dalam almond sangat baik untuk kulit. Vitamin tersebut dapat membuat rambut dan kulit bayi Anda sehat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white