kumparan
6 Desember 2019 18:19

Porsi Makan Ideal buat Anak Usia Sekolah

anak sekolah - POTRAIT
anak sekolah - POTRAIT Foto: Shutterstock
Anak usia sekolah butuh nutrisi sehat seimbang setiap hari, agar dapat mendukung kegiatannya di sekolah. Sebaliknya, salah-salah makan, risiko sakit perut atau terserang penyakit lain tentu bisa mengganggu rutinitasnya.
ADVERTISEMENT
Sah-sah saja bila si kecil punya makanan favorit tertentu, Moms. Namun yang perlu orang tua ingat, ia juga perlu diberikan aneka ragam makanan, sebab tidak ada satu-satunya makanan yang mengandung nutrisi komplet.
Ilustrasi Anak Makan Nasi Goreng
Anak makan. Foto: Shutterstock
Dokter spesialis gizi, dr. Diana F. Suganda, M. Kes, SpGK, membagikan tips terkait porsi makan ideal buat anak usia sekolah di Healthy Camp: Financial & Physical Health for Modern Parenting #TeamUpAgainstDiabetes, yang diselenggarakan kumparanMOM bersama Sun Life, bertempat di SD Perguruan Al Izhar, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Kamis (5/12).
Sun life healty camp
Suasana Sun life healty camp di al-izhar pondok labu, Jakarta, Kamis (5/12). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
"Kita harus atur porsi makan anak. Sepertiga dari piring adalah sayuran, sepertiganya lagi protein, dan sepertiganya lagi adalah karbohidrat. Untuk pagi, kalau anak tak bisa makan nasi, bisa kasih (sarapan) roti. Tapi jangan pakai selai saja, gorengkan telur ceplok dan dadar untuk kebutuhan proteinnya," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Selain memenuhi energi anak, pentingnya memastikan si kecil sarapan pagi yakni juga berperan membuat anak semangat belajar dan mudah menyerap ilmu, Moms.
Sun life healty camp, Diana Suganda
dr. Diana Suganda (Ahli Gizi) saat acara sun life healty camp di al-izhar pondok labu, Jakarta, Kamis (5/12). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
"Bukan 4 sehat 5 sempurna lagi ya. Tapi menu makanan gizi seimbang. Lalu untuk air minum, anak-anak harus minum minimal 2-2,5 liter per hari. Kalau di sekolah Al Izhar kan anak sudah bawa tumbler sendiri, agar kebutuhan airnya terpenuhi katakan pada anak untuk mengisi botol air minumnya setidaknya 2 kali. Kira-kira isi tumbler sekitar 800 ml kan? Nah sisanya bisa dipenuhi di rumah," sambungnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan