Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori untuk Ibu Menyusui

2 Maret 2023 14:30
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutter Stock
Menyusui bisa menjadi momen menyenangkan sekaligus menantang bagi ibu. Saat menyusui, tubuh ibu mungkin akan terasa lebih mudah lelah dan lesu. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda memproduksi ASI yang juga membutuhkan energi.
Dikutip dari Mom Junction, ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori sebesar 500 kalori per hari. Selain itu, ibu juga membutuhkan protein, vitamin A, B12, C, E, D, dan E, serta selenium dan zinc yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh ibu, nutrisi-nutrisi tersebut akan disalurkan pada bayi melalui ASI, sehingga akan memberikan manfaat kesehatan pada si kecil.
Untuk mencukupi jumlah kalori harian tersebut, ibu perlu mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung tinggi kalori. Apa saja?

4 Makanan Tinggi Kalori untuk Ibu Menyusui

1. Daging-dagingan
Ilustrasi daging merah. Foto: Meat & Livestock Australia (MLA)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daging merah. Foto: Meat & Livestock Australia (MLA)
Daging-dagingan seperti ayam, sapi, dan berbagai jenis daging merah lainnya mengandung protein dan zat besi yang dapat menambah energi dalam tubuh. Selain itu, vitamin B6 dan B12 yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan pasokan ASI, Moms. Oleh karena itu, ibu menyusui disarankan mengkonsumsi asupan daging ini sekitar 6 ons per hari.
2. Makanan laut
Ilustrasi daging salmon. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daging salmon. Foto: Shutterstock
Ibu menyusui direkomendasikan mengkonsumsi 8 hingga 12 ons makanan laut, termasuk kerang dan salmon setiap minggunya. Pasalnya, makanan laut mengandung asam lemak omega-2, vitamin B6, dan vitamin B12 yang bermanfaat untuk perkembangan bayi. Namun, ibu menyusui perlu menghindari ikan yang mengandung merkuri tinggi karena bisa menghambat perkembangan otak bayi dan memicu kondisi keterbelakangan mental.
3. Produk susu
Ilustrasi ibu menyusui minum susu. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu menyusui minum susu. Foto: Shutterstock
Tubuh ibu menyusui juga memerlukan asupan kalsium dalam jumlah yang cukup untuk meningkatkan pasokan ASI. Itulah sebabnya, ibu menyusui direkomendasikan minum 3 gelas susu setiap harinya, atau diganti dengan produk susu lainnya, seperti keju dan yogurt yang mengandung vitamin, mineral, dan protein.
4. Buah dan sayuran
Kol dan brokoli.  Foto: Thinkstock
zoom-in-whitePerbesar
Kol dan brokoli. Foto: Thinkstock
Berbagai jenis sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kol, kecambah, dan sereal mengandung tinggi asam folat yang baik untuk kesehatan ibu menyusui. Selain sayuran, beberapa buah-buahan seperti jeruk, tomat, dan berry mengandung tinggi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh ibu.