Mom
·
26 Juli 2020 11:19

Ritual Meisya Siregar Bersama Anak Sebelum Tidur: Membaca Dongeng

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ritual Meisya Siregar Bersama Anak Sebelum Tidur: Membaca Dongeng (132547)
Ritual Meiysa Siregar bersama Anak Sebelum Tidur: Bacakan Dongeng. Foto: Instagram/@meisyasiregar
Menanamkan nilai-nilai positif pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mendongeng. Ya Moms, hal ini pula yang juga dilakukan salah satu aktris Tanah Air, Meisya Siregar pada anaknya, Muhammad Bambang Arr Reybach.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana cerita Meisya Siregar soal pengalaman mendongeng pada anaknya? Yuk, simak di sini, Moms!
Ritual Meisya Siregar Bersama Anak Sebelum Tidur: Membaca Dongeng (132548)
Meisya Siregar dan anaknya, Bambang. Foto: Instagram/@meisya_siregar

Kegiatan Mendongeng Sudah Dilakukan Meisya Siregar Sejak Anak Berusia 1 Tahun

Meisya mengatakan, kegiatan mendongeng ini telah ia lakukan pada anak bungsunya sejak si kecil berusia 1 tahun. Hingga di usia Bambang yang kini menginjak 3,5 tahun pun, sang ibu masih melakukan kegiatan tersebut. Menurutnya, mendongeng sudah menjadi ritual yang ia lakukan sebelum anak beranjak tidur.
"Ada kalanya Bambang 'bunda, aku mau bobo siang' dia minta dibacain. Karena itu ya sudah jadi ritual," kata Meisya Siregar dalam Webinar bertema 'Peluncuran Dongeng Aku dan Kau dari Nestle DANCOW Nurtritods yang dihelat baru-baru ini.
Bahkan, tak jarang kegiatan membacakan dongeng juga dilakukan Meisya pada saat anaknya bangun tidur. Meisya menuturkan bahwa itu adalah dua momen terbaik dirinya bersama Bambang. Sehingga, si kecil pun menyadari akan kebiasaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Seiring bertambahnya usia sang anak, rasa keingintahuannya pun kian bertambah. Terlebih, selama sering berada di rumah saat pandemi corona, istri dari Bebi Romeo tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan yang paling banyak ia lakukan bersama anak ialah mendongeng.
Ritual Meisya Siregar Bersama Anak Sebelum Tidur: Membaca Dongeng (132549)
Meisya Siregar dan anaknya, Bambang. Foto: Instagram/@meisya_siregar

Manfaat Mendongeng bagi Meisya Siregar untuk Anak

Dengan sering dibacakan dongeng, anak Anda bisa mendapat berbagai manfaat. Ketika Meisya membacakan dongeng pada anaknya, dirinya merasa anak laki-lakinya itu benar-benar fokus memperhatikannya. Dari situ, Meisya merasa senang karena hal sederhana saja dapat membuat dirinya lebih akrab dengan sang buah hati.
"Aku ngerasa bonding antara aku sama Bambang lebih intimate kalau dibandingkan dengan kegiatan lain, kayak bermain atau bermain bersama. Dia bisa berkhayal, dia bisa berimajinasi, dia bisa nyamber nanya, Bambang jadi gampang banget dimasukin nilai-nilai positif," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, manfaat lain yang Meisya rasakan adalah ia bisa memaksimalkan tumbuh kembang sang anak. Ya, dari berbagai buku cerita atau dongeng anak yang ia bacakan, Bambang memperoleh banyak kosakata baru. Terkadang, si kecil pun kerap menanyakan arti dari kata baru yang didapatnya.
Namun, ibu tiga anak ini tak memungkiri jika ada kalanya mood anaknya naik turun. Sehingga, ia pun tak bisa memaksakan anak untuk tetap mendengarkan ceritanya.
"Enggak bisa dilarang. Sudah 3,5 tahun. Penawaran itu enggak selalu mau. Kalau mood-nya lagi enggak kepengin baca buku ya memang kita enggak bisa paksain juga, jadi biarin saja. Kita tunggu momennya yang pas," tutup Meisya Siregar.
----
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!
ADVERTISEMENT