Selamat Hari Ibu! Jangan Lupa Lakukan Ini untuk Diri Sendiri, Moms

22 Desember 2023 16:36 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu me time. Foto: Zakharova_Elena/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu me time. Foto: Zakharova_Elena/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Menjadi ibu adalah anugerah yang tak ternilai. Namun dalam perjalanannya, banyak tantangan dalam menjalani peran sebagai ibu. Ibu dituntut serba bisa dan multitalenta.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, di momen Hari Ibu ini tak ada salahnya untuk mengapresiasi diri sendiri, setelah semua hal yang Anda lalui selama ini. Ibu juga boleh kok mendahulukan kepentingannya, tak melulu mengutamakan anak dan suami!

Yang Perlu Dilakukan Ibu di Hari Ibu

Puji diri sendiri
Setiap ibu tentu punya tantangan dan perjuangannya masing-masing. Ya Moms, sebagai seorang ibu, Anda pasti akan berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga, apa pun kondisinya.
Pujilah diri Anda atas segala perjuangan dan pengorbanan yang telah Anda lakukan. Yakinlah, apa yang Anda lakukan saat ini, pasti akan berbuah manis di kemudian hari.
Manjakan diri
Perawatan kuku pada ibu hamil. Foto: Shutter Stock
Meski menjadi ibu adalah hal yang menyenangkan, tak dapat dipungkiri bahwa mengurus rumah tangga dan mengasuh anak bisa jadi kegiatan yang sangat melelahkan. Nah Moms, di Hari Ibu ini, manjakanlah diri Anda untuk mendapat perawatan di salon.
ADVERTISEMENT
Tidak mungkin ke salon apalagi spa? Mandi air hangat atau sekadar pakai masker di rumah juga ampuh, lho! Yang penting, nikmati dan syukuri saja.
Jaga kesehatan
Jangan lupa bahwa kesehatan adalah salah satu hal penting yang perlu jadi perhatian Anda. Dengan tubuh yang sehat, Anda tentu jadi bisa melakukan berbagai hal untuk keluarga dengan lebih maksimal.
Rutinlah memeriksa kesehatan tubuh Anda, Moms. Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda punya jadwal bertemu dokter yang masih tertunda? Jika ya, kenapa tidak manfaatkan hari Minggu ini untuk segera membuat janji. Melakukan medical check up, misalnya? Siapa tahu, ada diskon akhir tahun ini!
Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga, agar tubuh Anda bisa semakin bugar. Jika selama ini Anda tak pernah rutin melakukannya, maka buat jadwalnya mulai saat ini. Menjaga tentu lebih baik daripada mengobati.
ADVERTISEMENT
Pesan makanan favorit
Ilustrasi ibu makan di restoran. Foto: Shutter Stock
Makan makanan favorit bisa membuat mood Anda jadi semakin baik. Di Hari Ibu ini, pergilah me time ke restoran favorit Anda, Moms. Jika tak sempat, pesanlah lewat sambungan telepon atau aplikasi ojek online.
Anda juga bisa mengapresiasi diri Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda suka. Jika tak sempat keluar rumah, coba pikirkan hal-hal menyenangkan apa yang bisa Anda lakukan di rumah. Misalnya saja, mengecat kuku dengan warna favorit atau sekadar menyelesaikan drama favorit yang selama ini tertunda.
Yang terpenting, utarakan saja keinginan Anda dengan suami, sehingga ia bisa menjaga anak selama ibu melakukan kegiatan lainnya.
Ucapkan terima kasih pada tubuh
Ilustrasi ibu meditasi dan berterima kasih pada diri sendiri. Foto: Shutter Stock
Moms, tarik napas dan luangkan waktu sejenak untuk mengucap rasa syukur atas tubuh kita yang telah melakukan banyak hal. Mulai dari tangan yang membantu melakukan begitu banyak hal, kaki yang seperti tak pernah berhenti, dada tempat si kecil terlelap hingga bibir dan mulut yang tak lelah membacakan dongeng atau bernyanyi.
ADVERTISEMENT
Meski mungkin tak selalu 100 persen fit, tubuh kita tetap bisa diajak kerja sama dalam menjalankan peran sehari-hari sebagai seorang ibu, kan?
Sekali lagi, Selamat Hari Ibu, Moms!