Mom
·
24 September 2020 12:06

Si Kecil Genap Berusia 2 Tahun, Sharena Delon Galau soal Menyapih Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Si Kecil Genap Berusia 2 Tahun, Sharena Delon Galau soal Menyapih Anak (405214)
Keluarga Sharena dan Ryan Delon. Foto: Instagram/@mrssharena
Menyapih anak bisa dikatakan sebagai salah satu momen yang tidak mudah dilakukan oleh beberapa ibu. Ya Moms, selama 2 tahun menyusui, di situ pula ikatan emosional antara ibu dan anak terbentuk. Tapi, bagaimana pun, momen tersebut pasti akan datang.
ADVERTISEMENT
Bila mengikuti anjuran ahli, dua tahun memang waktu yang tepat untuk menyapih anak. Namun ketika si kecil sudah sampai di usia itu, beberapa ibu merasa tak tega dan tak ingin menyapih anaknya karena merasa belum siap. Itu pula yang tengah dirasakan oleh selebriti Sharena Delon.
Anak keduanya, Sea Dedari Situmeang baru saja genap berusia 2 tahun pada (22/9) lalu. Istri dari Ryan Delon ini kini sedang dilanda perasaan galau soal menyapih anak perempuannya yang akrab disapa Sea. Sejak awal Sharena, memang selalu konsisten memberikan ASI kepada dua anaknya, Ryshaka Dharma Situmeang dan sang adik, Sea.
Si Kecil Genap Berusia 2 Tahun, Sharena Delon Galau soal Menyapih Anak (405215)
Potret keluarga Ryan Delon dan Sharena. Foto: Instagram/@mrssharena

Cerita Sharena Delon soal Anak Menolak Disapih

Sharena bercerita, untuk sang kakak sendiri berhasil disapih ketika usianya menginjak 2 tahun 10 bulan. Hal ini lantas membuat dirinya memikirkan kapan anak keduanya itu akan berhenti menyusu. Akankah sama dengan sang kakak atau tidak.
ADVERTISEMENT
Memang, hingga kini putrinya itu masih suka menyusu. Bahkan, setelah setengah jam menyusu, Sea bisa-bisa protes mengatakan bahwa ASI-nya habis. Padahal sang ibu mengaku bahwa produksi ASI-nya masih lancar. Dari kejadian itu, Sharena akhirnya mencoba mengatakan kepada sang anak untuk berhenti menyusu. Namun, hal ini ditolak oleh si kecil.
"Kemarin aku bilang lagi ke Sea pas lagi nyusu 'Sea kan sudah 2 tahun, stop saja yah nyunyunya, kan kata Sea sudah habis nyunyu mommy'. Eh dijawab sama dia 'no mommy, ini nyunyu ada lagi. Aman! *Sambil nunjuk dan pencet pabrik ASI-nya*," tulis Sharena Delon dalam salah satu unggahan di Instagram pribadinya.
Si Kecil Genap Berusia 2 Tahun, Sharena Delon Galau soal Menyapih Anak (405216)
Istri Ryan Delon, Sharena memotong kuku anaknya. Foto: Instagram / @tail_wagging

Sharena Delon Dilanda Galau soal Menyapih Anak

Perempuan berusia 36 tahun itu kembali bercerita bahwa anak keduanya ini memang berbeda dengan sang kakak. Jika sang kakak yang akrab disapa Ry itu sangat senang tidur kelonan dengannya, lain halnya dengan Sea. Menurutnya, anak bungsunya ini lebih mandiri untuk bisa tidur sendiri.
ADVERTISEMENT
Hal inilah yang membuat Sharena dilanda perasaan galau soal menyapih anaknya itu. Ya, ia mengaku belum siap untuk berhenti menyusui si kecil.
"Jadi, the only time aku bisa puas meluk and nyiumin dia ya kalau lagi nyusu. Itu pun dia nyusu enggak pernah lama-lama banget," tulisnya lagi.

Sharena Delon Ingin Menyapih Anak dengan Cinta

Meski begitu, Sharena secara perlahan tetap berusaha memberikan penjelasan kepada anaknya itu untuk berhenti menyusu. Namun, di tengah pandemi ini, ia merasa masih penting untuk memberikan si kecil ASI.
"Lebih berasa Sea aman saja dengan ASI di tubuhnya. Gapapa ya Cey, whenever we are both ready, kita wean with love okay?" tutupnya.
Si Kecil Genap Berusia 2 Tahun, Sharena Delon Galau soal Menyapih Anak (405217)
Ibu dan anak tetap dekat dalam proses menyapih Foto: Shutterstock

Tips Menyapih Anak dengan Cinta

Ya Moms, benar saja apa yang dikatakan Sharena Delon bahwa kita sebagai ibu harus bisa menyapih anak dengan cinta dan sebisa mungkin tanpa drama. Untuk itu, saat Anda hendak menyapihnya perhatikan beberapa tips yang diberikan dr. Caessar Pronocitro, SpA., M.Sc., Dokter Spesialis Anak di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Tangerang Selatan berikut ini.
ADVERTISEMENT
1. Pastikan anak siap.
2. Menyapih butuh proses yang tidak sebentar.
3. Tidak mengurangi asupan cairan.
4. Hindari mengikat atau menekan payudara.
5. Kurangi frekuensi menyusui.
6. Pertahankan sentuhan fisik.
Nah Moms, jadi tak perlu memaksa apabila Anda dan anak belum siap, ya! Lakukanlah proses menyapih anak secara perlahan dan tentunya penuh cinta.