Mom
·
17 Juni 2019 17:00

Tak Perlu Beli Salmon Impor, Ini 7 Jenis Ikan Lokal Bergizi Tinggi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Perlu Beli Salmon Impor, Ini 7 Jenis Ikan Lokal Bergizi Tinggi (579795)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan lokal Foto: Shutterstock
Ikan salmon kerap direkomendasikan untuk dikonsumsi karena mengandung gizi yang tinggi. Selain kaya protein, ikan salmon juga mengandung omega-3, DHA, AHA, yang baik untuk perkembangan otak. Oleh karena itu, salmon juga sering dijadikan bahan untuk membuat Makanan Pendamping ASI (MPASI) maupun berbagai masakan untuk anak.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, harga ikan salmon relatif mahal. Apalagi yang diimpor dari luar negeri. Padahal banyak ikan lokal Indonesia yang tak kalah bergizi dan harganya jauh lebih murah lho, Moms. Apa saja misalnya?
1. Ikan Patin
Tak Perlu Beli Salmon Impor, Ini 7 Jenis Ikan Lokal Bergizi Tinggi (579796)
searchPerbesar
Ikan patin fillet Foto: ShutterStock
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyarankan masyarakat Indonesia untuk lebih memilih ikan patin lokal dibandingkan ikan dori impor asal Vietnam. Sebab ikan patin aman dari bahan kimia pengawet dan harganya lebih terjangkau.
Ikan patin lokal dan ikan dori memang sangat mirip dari tekstur maupun rasa. Ikan patin mengandung protein(68,6%) dan lemak (5,8%). Pada bagian perut ikan tawar ini juga kaya omega-3.
2.Ikan Lele
Tak Perlu Beli Salmon Impor, Ini 7 Jenis Ikan Lokal Bergizi Tinggi (579797)
searchPerbesar
Ilustrasi Mangut Lele. Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Ikan lele sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern karena budidayanya yang mudah. Harganya pun murah, yakni hanya Rp 25 ribu per kilogram menurut data Info Pangan Jakarta pada 17 Juni 2019.
ADVERTISEMENT
Selain mengandung protein, terdapat kalsium, fosfor, seng, magnesium, lemak, dan berbagai vitamin dalam ikan lele. Ikan tawar yang lezat ini juga mengandung asam lemak omega-3. Satu ekor ikan lele mengandung 220 mg omega-3.
3. Ikan Kembung
Tak Perlu Beli Salmon Impor, Ini 7 Jenis Ikan Lokal Bergizi Tinggi (579798)
searchPerbesar
Ilustrasi Ikan Kembung Balado. Foto: Instagram @mamabellva
Sama seperti salmon, ikan kembung juga kaya asam lemak omega-3 dan DHA, bahkan lebih tinggi. Setiap 100 gram ikan kembung mengandung 2,2 gram omega-3. Oleh karena itu ikan kembung baik diberikan untuk si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan.
Tak hanya kaya protein dan omega-3, ikan kembung juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, D, E dan vitamin C.
4. Ikan Teri
Tak Perlu Beli Salmon Impor, Ini 7 Jenis Ikan Lokal Bergizi Tinggi (579799)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan teri. Foto: asjjuni0/Pixabay
Pasti jenis ikan satu ini sudah tak asing bagi Anda. Ya Moms, ikan teri umum diolah menjadi ikan asin yang lezat. Meski harganya sangat terjangkau, gizi ikan teri ternyata tak kalah dibandingkan salmon, Moms.
ADVERTISEMENT
Ikan teri kaya dengan omega-3, kalsium, protein, vitamin K, magnesium, serta fosfor. Semua gizi tersebut baik untuk tumbuh kembang anak. Jika disajikan untuk bayi atau balita, sebaiknya pilih ikan teri yang belum diasini untuk mencegah kandungan garam berlebih.
5. Ikan Tongkol
Tak Perlu Beli Salmon Impor, Ini 7 Jenis Ikan Lokal Bergizi Tinggi (579800)
searchPerbesar
Ilustrasi Tongkol Balado. Foto: Instagram @myculinarytrip
Ikan tongkol mudah ditemukan di pasar tradisional dengan harga terjangkau. Ikan laut ini memang banyak berkembang di Samudera Pasifik, termasuk di perairan Indonesia.
Ikan tongkol kaya dengan protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi. Sama dengan salmon, ikan tongkol juga mengandung omega-3 dan niacin yang baik untuk kesehatan otak anak-anak maupun dewasa.
6. Ikan Mujair
Ikan tawar yang lezat ini juga bisa menjadi pilih lauk yang menarik. Biasanya ikan ini diolah menjadi mujair kuah kuning, mujair asam manis, mujair bumbu bali, atau hanya digoreng saja sudah enak, Moms.
ADVERTISEMENT
Mujair kaya dengan protein yang baik untuk perkembangan otot, fosfor untuk menguatkan tulang, selenium yang bisa menangkal radikal bebas, dan asam lemak omega-3 yang bagus untuk perkembangan otak.
7. Ikan Tuna Lokal
Tak Perlu Beli Salmon Impor, Ini 7 Jenis Ikan Lokal Bergizi Tinggi (579801)
searchPerbesar
Ilustrasi potongan ikan tuna. Foto: Shutter Stock
Perairan laut Indonesia menghasilkan berton-ton tuna setiap tahun. Ikan tuna lokal sama bergizinya dengan ikan tuna impor. Ikan tuna kaya dengan protein, kalium, vitamin B, dan selenium yang baik untuk memperbaiki sistem imun tubuh, metabolisme dan fungsi kognitif otak.
Sama seperti ikan salmon, ikan tuna juga mengandung omega-3. Dalam setiap 100 gram ikan tuna, Anda dan keluarga bisa mendapatkan 1,2 gram omega-3.
Nah Moms, ikan mana yang akan Anda pilih untuk keluarga tercinta?
ADVERTISEMENT