kumparan
21 September 2018 10:43

Tanda Hamil yang Muncul Sebelum Telat Haid

Bahaya 6
Merasa Mual (Foto: Thinkstock)
Tanda hamil memang bisa sangat membingungkan. Pada sebagian wanita, gejala-gejala yang mengganggu seperti morning sickness dan sakit punggung tidak muncul pada trimester pertama. Namun ada pula wanita yang sudah merasakan keganjilan pada tubuhnya, bahkan sebelum telat haid.
ADVERTISEMENT
Jika Anda tipe orang yang sangat perhatian pada detail, mungkin Anda akan merasakan tanda hamil sebelum telat haid. Sisi positifnya, Anda bisa mendeteksi lebih dini kehamilan sehingga lebih menjaga kesehatan dan pola makan. Nah Moms, apa saja tanda hamil yang mungkin muncul sebelum telat haid?
1. Payudara Lebih Lunak dan Membesar
Payudara seringkali menjadi bagian tubuh pertama yangn mendapat ‘pesan’ ketika terjadi pembuahan.
Sebagian perempuan merasa payudaranya lebih lunak, membengkak, sensitif, bahkan nyeri saat disentuh akibat level estrogen yang mulai naik. Gejala ini berbeda dengan yang biasa Anda rasakan menjelang menstruasi dan tetap terasa setelah Anda telat haid.
Ilustrasi Payudara
Ilustrasi Payudara (Foto: Thinkstock)
2. Area Sekitar Puting Lebih Gelap
Area di sekeliling puting atau yang disebut areola akan berwarna lebih gelap daripada biasanya. Selain itu, diameternya juga bertambah dalam beberapa minggu setelah pembuahan. Ini merupakan persiapan awal bagi puting Anda untuk menyusui setelah melahirkan nanti.
ADVERTISEMENT
3. Mudah Lelah
Tubuh Anda sedang bekerja keras menyiapkan diri untuk tumbuhnya si janin. Hormon-hormon kehamilan mulai meningkat. Alhasil pada empat bulan pertama kehamilan, ibu hamil biasanya mudah merasa lelah dan ngantuk. Perasaan ini mungkin Anda rasakan pula saat PMS.
4. Mual
Ilustrasi Tanda Hamil.
Ilustrasi Tanda Hamil. (Foto: Thinkstock)
Hanya beberapa hari setelah pembuahan, Anda akan mengalami mual. Hal ini disebabkan oleh munculnya hormon-hormon kehamilan yang tiba-tiba. Morning sickness memang biasanya memuncak pada 4-6 minggu kehamilan, namun mual kecil bisa Anda rasakan sejak awal kehamilan.
5. Lebih Sensitif Terhadap Bau
Aktivitas estrogen juga membuat indera penciuman Anda menjadi lebih sensitif. Hal ini pula yang membuat ibu hamil sering mual. Namun wanita yang sedang PMS juga mengalami hal serupa.
ADVERTISEMENT
6. Sering Buang Air Kecil
Ibu hamil cenderung lebih sering buang air kecil yang kadang menyebalkan. Sekitar dua minggu setelah pembuahan, ginjal Anda bekerja lebih keras untuk menyaring darah Anda. Rahim Anda yang membesar juga mulai mendorong kandung kemih. Meningkatnya hormon progesterone turut meningkatkan frekuensi buang air kecil.
Ilustrasi tanda hamil positif pada test pack
Ilustrasi tanda hamil positif pada test pack (Foto: Shutterstock)
7. Sering Kembung
Kembung adalah salah satu gejala yang paling mengganggu menjelang haid. Namun hal ini juga Anda rasakan pada awal kehamilan. Tingginya hormon progesterone memperlambat saluran pencernaan sehingga menjebak gas di dalam usus Anda.
8. Keputihan
Keputihan terjadi karena meningkatnya level estrogen. Estrogen ini kemudian meningkatkan aliran darah pada area pelvis sehingga melepaskan lendir di vagina.
Keputihan pada awal kehamilan juga serupa dengan yang Anda alami pada masa subur. Jika ibu masih mengalami keputihan melewati masa subur, bisa jadi tandanya Anda positif hamil.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, jika Anda mengalami beberapa tanda hamil di atas, segera cek lewat test pack atau untuk lebih pastinya periksakan kandungan Anda ke dokter.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan