Tanya Jawab soal Menyusui Setelah Operasi Caesar

9 Desember 2022 9:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi melahirkan dengan operasi caesar. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi melahirkan dengan operasi caesar. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banyak ibu harus melahirkan melalui operasi caesar karena kondisi tertentu. Ini bisa terjadi jika ibu, bayi, atau keduanya mengalami hambatan sehingga persalinan tidak bisa dilakukan secara pervaginam.
ADVERTISEMENT
Umumnya, operasi caesar sangat aman dilakukan dan tidak menimbulkan efek samping apa pun, kecuali ketidaknyamanan yang dirasakan ibu pada bagian luka operasi. Selebihnya, operasi caesar tidak berdampak pada kesehatan si kecil.
Kendati demikian, beberapa ibu mungkin khawatir soal keberhasilan menyusui bila ia melahirkan melalui operasi caesar. Banyak hal yang bisa menjadi pertanyaan ibu, apakah ia bisa langsung menyusui, atau apakah ASI-nya akan keluar dengan lancar, dan lain sebagainya.
Nah Moms, berikut ini tanya jawab soal menyusui setelah operasi caesar yang perlu Anda pahami.
Ilustrasi Ibu menyusui bayi baru lahir. Foto: Shutter Stock

Kapan ibu boleh menyusui setelah operasi caesar?

Moms, Anda bisa langsung menyusui bayi segera setelah melakukan operasi caesar atau sesuai dengan saran dokter. Namun, beberapa ibu mungkin membutuhkan bantuan perawat, doula, bidan, atau suami untuk membantu perlekatan pertama bayi.
ADVERTISEMENT
“Para ahli mendorong kontak kulit ke kulit pada bayi baru lahir dan sang ibu, yang diikuti dengan sesi menyusui saat ibu sudah stabil pascaoperasi,” kata kepala departemen OBGYN di Kaiser Permanente, Hawaii, Mabel Wong, MD, seperti dikutip dari Parents.

Apakah obat penghilang rasa sakit dan antibiotik mempengaruhi ASI?

Ibu biasanya menerima obat-obatan melalui infus atau pil pada beberapa hari setelah operasi caesar. Ini diperlukan untuk mengontrol rasa sakit pasca operasi. Namun menurut profesor dan dokter kandungan di McGovern Medical School, Pamela Promecene, MD, sebagian besar obat tersebut tidak menimbulkan efek samping untuk ASI dan bayi.
ibu menyusui Foto: Shutterstock

Apakah operasi caesar mengubah produksi ASI?

Penelitian menunjukkan, ada beberapa wanita yang mengalami penundaan produksi ASI setelah operasi caesar. Namun, sebenarnya ASI akan tetap keluar pada akhirnya. Para ahli menyarankan agar ibu lebih sering melakukan kontak kulit ke kulit dan menyusui untuk merangsang produksi ASI.
ADVERTISEMENT

Apa posisi menyusui terbaik setelah operasi caesar?

Beberapa posisi menyusui mungkin terasa menyulitkan bagi ibu karena memberikan tekanan pada perut. Ibu bisa memanfaatkan bantal untuk mencegah tekanan atau mencoba menyusui sambil berbaring. Selain itu, tidak ada salahnya juga berkonsultasi dengan dokter agar bisa menentukan posisi menyusui yang nyaman bagi ibu dan bayi.

Apakah menyusui setelah operasi caesar membantu menurunkan berat badan?

Menyusui membakar sekitar 300-500 kalori per hari baik pada ibu yang melahirkan normal ataupun caesar. Hal ini mungkin saja membantu ibu menurunkan berat badan. Di sisi lain, ibu juga membutuhkan asupan sekitar 2000-2500 kalori per hari untuk mendukung aktivitas menyusui.