Mom
·
9 Juni 2021 11:57
·
waktu baca 2 menit

Ternyata, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Susu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ternyata, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Susu (272220)
Ilustrasi ibu dan anak minum susu. Foto: Shutterstock
Susu menjadi salah satu asupan yang bisa diberikan ke anak untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Ya, susu memang mengandung vitamin A, B12, D, kalsium, kalium, hingga fosfor yang dikenal dapat mendukung tumbuh kembang anak. Tak hanya itu, susu juga baik untuk kesehatan anggota keluarga.
ADVERTISEMENT
Anda mungkin kerap memberi anak dan anggota keluarga di rumah susu di pagi hari sebelum beraktivitas. Sebab, segelas susu di pagi hari bisa meningkatkan konsentrasi dan semangat untuk menjalani aktivitasnya.
Sementara, beberapa orang tua lain memberikan susu pada anak di malam hari. Menurut mereka, susu di malam hari akan membantu anak merasa rileks sehingga dapat tidur dengan nyenyak.
Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk minum susu untuk anak dan anggota keluarga?
Dilansir Healthline, mengonsumsi segelas susu pada waktu tertentu memang dapat membantu Anda dan keluarga mendapatkan manfaat paling banyak. Misalnya menurut Ayuverdic Medicine, sistem kesehatan alternatif dengan akar di India mengatakan bahwa susu sapi harus dikonsumsi di malam hari. Sebab, susu sapi dianggap bisa membuat anak atau anggota keluarga tidur lebih nyenyak.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, waktu yang tepat untuk minum susu rupanya tergantung dari tujuannya, Moms. Wah, seperti apa, ya?

Waktu Minum Susu untuk Menurunkan Berat Badan

Ternyata, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Susu (272221)
Ilustrasi keluarga minum susu Foto: Shutterstock
Moms, bila Anda atau suami sedang melaksanakan program penurunan berat badan, minum susu setelah berolahraga atau aktivitas berat dapat mendukung pertumbuhan otot dan meningkatkan komposisi tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang minum susu bebas lemak 5 hari per minggu setelah latihan kekuatan, mengalami peningkatan yang lebih besar dalam massa otot dan kehilangan lemak, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum susu.
Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk minum susu dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan otot adalah langsung setelah berolahraga. Namun, perlu diingat bahwa minum susu dalam jumlah berlebihan justru dapat menyebabkan penambahan berat badan karena asupan kalori yang tinggi, Moms.
ADVERTISEMENT

Waktu Minum Susu untuk Melancarkan Pencernaan

Beberapa orang tua percaya bahwa minum susu dapat melancarkan pencernaan. Padahal, tidak ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Sehingga, tidak ada waktu yang direkomendasikan untuk minum susu agar membantu sistem pencernaan.
Lain halnya apabila Anda memang memberikan susu fermentasi seperti yoghurt dan kefir pada anak atau anggota keluarga di rumah. Kedua produk olahan susu ini memang dikenal dapat meningkatkan pencernaan dan pergerakan usus yang sehat. Namun tetap tidak ada waktu khusus yang disarankan untuk mengkonsumsi produk olahan tersebut.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis