kumparan
9 Oktober 2019 17:29

Tips Ajari Anak Mengikat Tali Sepatu Sendiri

Ilustrasi anak ikat tali sepatu. Foto: Shutterstock
Ketika anak semakin besar, ia akan mulai mencoba melakukan banyak hal secara mandiri. Mulai dari mengkonsumsi makanannya sendiri, mandi sendiri, berpakaian sendiri, bahkan mengikat tali sepatunya sendiri. Meski terlihat sederhana, beberapa hal itu ternyata sangat penting untuk diajarkan kepada anak, Moms.
ADVERTISEMENT
Dilansir Parenting First Cry, mengikat tali sepatu bisa mengajarkan anak soal keterampilan mengikuti arahan, menyortir, mengurutkan, dan merencanakan. Ketika Anda mengajari anak cara mengikat tali sepatu dengan benar, Anda juga membantunya belajar mendengarkan arahan.
Selain itu, jari-jarinya pun terlatih untuk mengikat tali sehingga anak dengan sendirinya belajar ketangkasan yang nantinya bisa membantunya memegang pulpen atau alat lainnya. Selain itu, manfaat lainnya yang bisa didapatkan anak adalah membantu mereka memahami urutan. Misalnya saja, hal pertama yang harus dikenakan adalah kaus kaki, sepatu, lalu mengikat talinya.
Ilustrasi anak ikat tali sepatu sendiri. Foto: Shutterstock
Lantas kapan anak bisa mengikat tali sepatunya sendiri? Kebanyakan anak bisa mulai belajar mengikat tali sepatunya sendiri pada usia 6 tahun. Tapi sebelum usia itu, Anda bisa mengajarkan si kecil tahap-tahap sederhana dalam mengikat sepatu, seperti:
ADVERTISEMENT
- Pada usia 12 bulan, bayi dapat menjulurkan kakinya untuk mengenakan sepatu.
- Pada usia 2 tahun, balita dapat melepas sepatu sendiri.
- Pada 2,5 tahun, banyak balita biasanya mulai bisa memakai sepatu mereka dengan bantuan.
- Pada usia 3,5 tahun, anak-anak dapat meletakkan sepatu mereka di kaki kanan dan melepasnya juga, termasuk membuka ikatan tali sepatu.
- Pada usia 6 tahun, anak-anak dapat mengikat dan melepas tali sepatu mereka sendiri setelah melihatnya diperlihatkan beberapa kali.
Ilustrasi orang tua membantu anak mengikat tali sepatunya. Foto: Shutterstock
Meski begitu, sebenarnya tak mudah untuk membuatnya melakukan semua itu sendirian, Moms. Anak-anak kerap kali merasa frustasi ketika ia mulai mencoba mengikat tali sepatunya, sebab melakukan hal tersebut membutuhkan keterampilan motorik aktif. Selain itu, diperlukan kesabaran lebih untuk mengajarkan anak mengikat tali sepatu ya, Moms. Agar tak ikut frustasi juga, berikut tips mengajarkan anak mengikat tali sepatunya:
ADVERTISEMENT
- Lebih baik ajarkan anak mengikat tali sepatu di ruang yang sunyi.
- Ajarkan satu metode dan model tali pada satu waktu. Jangan langsung mengajarinya sekaligus, Moms. Hal itu akan membuatnya kebingungan.
- Gunakan tali kapas datar dan tandai tali dengan warna untuk membuatnya lebih mudah.
- Duduk di sebelah anak Anda, tidak berlawanan dengan mengajar dari sudut pandang yang sama.
- Ajari dalam interval 20 menit, dan berlatih terus menerus.
- Anda sebagai gurunya harus memiliki tangan dominan yang sama dengan anak. Misalnya sama-sama dominan tangan kanan atau tangan kiri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan