Mom
·
21 Juli 2021 10:08
·
waktu baca 2 menit

Tips Atasi Alergi Bulu Hewan Peliharaan pada Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Atasi Alergi Bulu Hewan Peliharaan pada Anak (37789)
searchPerbesar
Anak dan hewan peliharaan. PTR Foto: Shutterstock
Tak sedikit anak yang menyukai hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing. Ya, hewan peliharaan memang dapat menjadi teman yang menyenangkan bagi si kecil di rumah.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, hewan peliharaan berbulu juga sering kali menyebabkan alergi pada anak-anak. Ya Moms, bulu hewan yang membawa serbuk sari biasanya dapat menyebabkan reaksi gatal hingga ruam apabila mengenai kulit anak-anak.
Meski begitu, terkadang anak tetap ingin dekat dengan hewan peliharaannya karena sudah terlalu sayang. Kalau sudah begitu, tentu orang tua harus mencari cara agar si kecil tetap bisa bermain dengan hewan peliharaannya, namun meminimalisir risiko alerginya.
Menurut Asthma and Allergy Foundation of America (AAFA), sebanyak 30 persen seseorang dengan alergi lain akan memiliki reaksi alergi juga dengan bulu kucing dan anjing. Gejala alergi hewan peliharaan anak-anak termasuk hidung tersumbat, gatal, mata berair, mengi bahkan asma.
Lantas, bagaimana cara mengatasi hal ini?
Tips Atasi Alergi Bulu Hewan Peliharaan pada Anak (37790)
searchPerbesar
Ilustrasi anak menggendong hewan peliharaannya Foto: shutterstock
Dikutip dari Everyday Health, ahli alergi anak dan ahli imunologi di NewYork-Presbyterian di New York City, Mervat Nassef, MD, memberikan tips untuk mengatasi alergi terhadap hewan peliharaan pada anak.
ADVERTISEMENT

4 Tips Atasi Alergi Bulu Hewan Peliharaan pada Anak

1. Jauhkan hewan dari kamar tidur
Jadikan kamar anak sebagai zona bebas hewan peliharaan dan pastikan untuk menjaganya tetap bersih. Untuk menjaga ruangan bebas dari bulu hewan peliharaan dan serbuk sari, ada baiknya untuk memasang filter udara dan pembersih udara berefisiensi tinggi ya, Moms.
2. Ajari anak cuci tangan setelah memegang hewan
Menurut Nassef, penting untuk mengajari anak mencuci tangannya dengan sabun dan air setelah menyentuh hewan peliharaan. Mencuci tangan dapat membantu mencegah penyebaran alergen ke hidung, mata, dan mulut anak.
3. Mandikan hewan peliharaan
Memandikan hewan peliharaan satu minggu sekali dapat mengurangi jumlah bulu penyebab alergi yang ditumpahkan hewan peliharaan secara signifikan. Jangan lupa gunakan shampo anti rontok untuk merawat bulu hewan peliharaan. Apabila Anda memandikannya sendiri, sebaiknya gunakan sarung tangan ya, Moms.
ADVERTISEMENT
4. Gunakan sarung tungau
Memberikan perlindungan ekstra pada tempat tidur si kecil juga dapat membantu mencegah alergi pada si kecil. Misalnya, gunakan sarung tungau debu untuk bantal, selimut, dan kasur anak. Ini akan membantu mencegah tungau, debu, serbuk sari, bulu hewan dan alergen lainnya yang bisa menyerang anak.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis