kumparan
26 November 2019 11:12

Tips Atasi Varises Setelah Melahirkan

PTR, Varises kaki
Varises kaki. Foto: Shutterstock
Setelah melahirkan, Anda mungkin berharap masalah kesehatan yang dialami ketika hamil akan hilang secara cepat. Ya Moms, mungkin beberapa di antaranya akan hilang, namun ada pula ibu yang justru mengalami masalah kesehatan setelah melahirkan. Salah satunya adalah varises pada kaki.
ADVERTISEMENT
Varises bisa dialami seorang wanita saat hamil. Kondisi ini biasanya dirasakan oleh 10-40 persen ibu hamil dan akan membaik dengan sendirinya setelah 3-4 bulan melahirkan. Namun, beberapa ibu ada yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari varises. Bahkan, ada yang baru muncul setelah melahirkan.
Dilansir Baby Center, varises yang muncul usai melahirkan bisa karena riwayat keluarga yang memiliki varises, kelebihan berat badan, terlalu lama berdiri ketika hamil, kerusakan pembuluh vena, dan ibu yang sudah lebih dari sekali melahirkan.
Varises kaki
Varises kaki. Foto: Shutterstock
Selain itu, bila saat hamil Anda mengalami varises laba-laba, ini tidak bisa disembuhkan, Moms. Varises yang bentuknya lebih kecil dan sangat dekat dengan permukaan kulit. Adapun gejala dan tandanya sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
- Mengalami rasa sakit di kaki
- Kaki menjadi bengkak jika berdiri terlalu lama
- Kaki Anda terasa berat dan nyeri
- Ada pembuluh darah biru terlihat di kaki Anda
- Adanya sensasi terbakar di kaki
- Timbul sensasi gatal di area yang terkena varises
- Kulit pecah-pecah
- Timbulnya borok pada kaki ketika kondisinya sudah parah.
Varises kaki
Varises kaki. Foto: Shutterstock
Meskipun umumnya tidak berbahaya dalam jangka pendek, tapi bagi beberapa ibu yang memiliki masalah sirkulasi darah yang tidak lancar, varises tidak bisa membaik dengan sendirinya dan perlu penanganan lebih lanjut. Bahkan sebagian kecil orang yang mengalami varises akan mengalami pembekuan darah di dekat permukaan kulit atau yang disebut dengan trombosis vena superfisialis.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah mengeras sehingga menyerupai tali. Area kulit di sekitarnya akan terasa panas, kemerahan, sensitif, dan nyeri. Walaupun tidak berbahaya, tapi jika terjadi infeksi, Anda akan mengalami demam dan kedinginan.
Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Dilansir Parenting First Cry, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meringankan varises setelah melahirkan.
Ilustrasi kaki wanita
Ilustrasi kaki. Foto: Shutterstock
- Berbaring dengan memosisikan kaki lebih tinggi. Misalnya bisa menggunakan bangku yang ditopang dengan bantal. Ketika berbaring, angkat kaki lebih tinggi dari tubuh Anda.
- Berolahraga. Lakukan olahraga jalan cepat untuk membantu mengembalikan sirkulasi darah Anda.
- Jangan menyilangkan kaki atau pergelangan kaki ketika duduk.
- Usahakan tidak duduk atau berdiri terlalu lama tanpa istirahat atau tanpa bergerak.
ADVERTISEMENT
- Beberapa dokter mungkin akan melakukan skleroterapi. Anda akan disuntikan semacam bahan kimia bernama sklerosant ke dalam pembuluh darah di kaki penyebab varises untuk mengurangi rasa tidak nyaman.
Yang jelas, jika kondisi varises sudah membuat Anda tidak nyaman, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan