Mom
·
20 September 2020 15:31

Tips Dampingi Anak Belajar dari Rumah ala Dian Ayu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Dampingi Anak Belajar dari Rumah ala Dian Ayu (101513)
Presenter Dian Ayu Lestari saat hadir di acara Wardah di kawasan Kebayoran Baru Jakarta Senin (18/02). Foto: Ronny/kumparan
Sudah sekian bulan anak-anak mengikuti sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) alias belajar dari rumah. Hal ini tak lain karena pandemi virus corona yang belum juga usai. Meski sudah beberapa bulan dijalani, nyatanya mendampingi anak belajar dari rumah memang hal yang sangat menantang. Tak heran, bila ada banyak orang tua yang masih mencoba beradaptasi dengan situasi ini.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, mendampingi anak belajar dari rumah bahkan bisa membuat beberapa orang tua stres. Kondisi ini terjadi karena beberapa hal, misalnya saja tak percaya diri menjadi 'guru' anak selama di rumah, anak yang kerap sulit diatur untuk belajar, hingga pekerjaan atau hal lain yang memicu ibu bisa saja melampiaskan emosinya kepada si kecil.
Salah satu selebriti Tanah Air sekaligus istri dari Ananda Omesh, Dian Ayu Lestari pun tampaknya juga merasakan hal tersebut beberapa bulan terakhir ini, Moms. Dalam salah satu unggahannya, Dian mengatakan, meski sudah sekian bulan ia melewati pandemi sekaligus mendampingi anak belajar, tetap saja ia merasa kesabarannya masih diuji.
"School from home sudah berjalan 7 bulan ini.. Sudah lama ya! Tapi, yang namanya ibu-ibu masih ngerasa ini baru kemarin dan emosi masih diuji sampai hari ini ya kan. Ada sih yang sudah enggak, tapi 1:1000 lah ya," tulisnya dalam salah satu unggahan di Instagram pribadinya.
Tips Dampingi Anak Belajar dari Rumah ala Dian Ayu (101514)
Keluarga Dian Ayu Lestari dan Ananda Omesh. Foto: Instagram @dianayulestari

Tips Dampingi Anak Belajar dari Rumah

Kendati demikian, ibu dari dua anak ini secara perlahan mencoba untuk bisa menerima kenyataan yang ada. Ia pun mengutip salah satu tulisan dari rekannya yang mengatakan, "enggak ngarep bikin perfect karena yang dinilai proses bukan hasil jadi". Ya Moms, dengan kata lain, mungkin selama mendampingi anak belajar, Dian Ayu merasa bahwa dirinya juga termasuk salah satu ibu yang menuntut anaknya untuk bisa menyelesaikan atau mengerjakan tugas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
ADVERTISEMENT
Tapi kutipan tersebut seolah membuatnya sadar untuk tidak melakukan hal tersebut lagi kepada anak-anaknya. Ia pun menyarankan kepada para ibu di luar sana untuk bisa mengurangi atau bahkan menahan emosi dan tidak memaksa anak untuk memiliki hasil pekerjaan yang sempurna.
"Jadi, yuk, belajar kurangi emosi dan enggak maksa anak-anak punya hasil sempurna. Jangan ngebandingin sama teman kelas ya ibu-ibu, itu bisa memicu kita jadi nge-push anak sendiri. Semangat jadi gurunya ibu-ibuuu! Stay waras ya, hahaha," tutup Dian Ayu.
Nah Moms, itu tadi tips mendampingi anak belajar dari Dian Ayu. Kalau Anda punya tips lainnya, yuk, berbagi pengalamannya di kolom komentar.