kumparan
12 Mei 2018 15:35

Tips Jaga Kesehatan Bayi di Dalam Kandungan

Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Salah satu cara agar bayi lahir dengan kondisi sehat adalah dengan menjalani pola hidup yang baik selama masa kehamilan. Karenanya, ibu hamil wajib menjaga kesehatan, baik secara fisik ataupun psikis. Dari segi makanan, Anda juga harus selalu memastikan, asupan yang dikonsumsi mengandung gizi seimbang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dilansir laman Boldsky, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar bayi di dalam kandungan tumbu sehat hingga saatnya lahir nanti:
Mengonsumsi Vitamin Pranatal
Ilustrasi suplemen (Foto: Thinkstock)
Anda dapat mengonsumsi vitamin yang diresepkan dokter selama hamil. Vitamin pranatal mengandung asam folat, kalsium dan zat besi baik untuk kesehatan bayi dalam kandungan.
Olahraga
Ibu hamil angkat beban. (Foto: Thinkstock)
Olahraga bisa meredakan rasa stres dan menjaga berat badan tetap terkendali saat hamil. Jika ada yang mengatakan bahwa olahraga tidak baik untuk kehamilan Anda, maka itu salah, Moms. Anda harus rajin olahraga saat hamil, agar Anda dan bayi di dalam kandungan senantiasa sehat.
Tak perlu lama-lama, luangkan saja waktu 20 sampai 30 menit sehari untuk berolahraga.
ADVERTISEMENT
Hindari Jenis Ikan yang Mengandung Tinggi Merkuri
Ibu hamil makan buah (Foto: Thinkstock)
Meskipun ikan termasuk makanan bergizi tinggi, Anda harus pilih-pilih dalam mengonsumsi ikan, utamanya saat sedang hamil. Beberapa ikan yang mengandung merkuri tinggi bisa membahayakan kesehatan janin, Moms.
Merkuri dianggap zat berbahaya bagi janin karena memengaruhi sistem hormonal dan neurologis. Pastikan Anda mencari tahun terlebih dahulu, jenis ikan apa yang aman dikondumsi ibu hamil.
Hindari Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga yang Berat
Suami istri membersihkan rumah bersama. (Foto: Thinkstock)
Pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian, membersihkan kamar mandi, dan mengepel bisa jadi membahayakan ibu hamil yang tentunya bisa berisiko juga baga bayi di dalam kandungan.
Jika Anda tak menggunakan jasa asisten rumah tangga, mintalah bantuan suami atau saudara untuk membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah.
ADVERTISEMENT
Temui Dokter
Ibu hamil USG (Foto: Thinkstock)
Secara rutin, Anda harus mengontrol kondisi janin dan kesehatan Anda di dokter kandungan. Hal tersebut penting, untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi selama masa kehamilan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan