Mom22 Mei 2018 16:08

Tips Libatkan Keluarga untuk Lalui Trimester 3 Kehamilan

Konten Redaksi kumparan
Tips Libatkan Keluarga untuk Lalui Trimester 3 Kehamilan (76665)
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Saat memasuki trimester ketiga atau akhir masa kehamilan, ibu hamil biasanya membutuhkan dukungan psikologis lebih banyak dibandingkan trimester awal. Khususnya, dukungan dari keluarga.
ADVERTISEMENT
Pasalnya pada masa ini, tekanan yang akan dialami oleh ibu hamil akan bertambah menjadi tiga kali lipat. Maka dari itu penting untuk pihak keluarga senantiasa membantu menyemangati ibu hamil.
Jika Anda ingin melibatkan keluarga dalam proses kehamilan trimester ketiga, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.
1. Buat Daftar
Buatlah daftar dan kategorikan orang-orang yang dapat membantu kebutuhan Anda. Daftar kebutuhan ini bisa berisi berbagai hal yang diperlukan dalam persiapkan kelahiran, baik berbentuk benda, waktu maupun dukungan emosional.
2. Informasikan
Anda juga harus memberitahu rencana proses kelahiran kepada keluarga terdekat (ayah, ibu dan saudara kandung). Anda bisa memberitahu di mana, kapan dan bagaimana proses melahirkan yang Anda pilih nantinya.
ADVERTISEMENT
3. Libatkan
Ajak orang tua dan atau mertua Anda untuk terlibat mempersiapkan kelahiran. Misalnya menyiapkan barang-barang yang perlu dibawa ke rumah sakit0 atau barang-barang yang perlu dibeli untuk bayi.
Siapa tahu, mereka juga dapat memberikan masukan yang berguna agar Anda dapat menyiapkan semuanya dengan lebih seksama.
4. Ceritakan
Anda juga bisa bercerita atau membagikan pengalaman kehamilan Anda dengan keluarga terdekat. Jika Anda memiliki masalah atau sedang tertekan menghadapi kehamilan pada fase ini, jangan sungkan untuk bercerita dengan keluarga Anda, terutama mamah Anda.
Bercerita dengan orang tua pasti buat Anda jadi lebih lega dan merasa rileks. Jadi, jangan panik lagi ya, Moms!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white