kumparan
27 November 2018 9:56

Tips Memberi Nama untuk Bayi Kembar

Bayi kembar
Tips memilih nama untuk bayi kembar (Foto: Shutterstock)
Betapa senangnya hati seorang ibu hamil saat mengetahui akan mendapatkan bayi kembar. Kebahagiaan menyambut kehadiran si kecil jadi dobel rasanya ya, Moms. Begitu juga dengan aneka persiapannya. Semua mulai dari perlengkapan bayi hingga namanya perlu disiapkan tidak hanya satu, tapi dua!
ADVERTISEMENT
Untuk urusan nama, Anda perlu persiapan matang, Moms. Banyak orang yang percaya, nama adalah doa. Lewat nama orang tua tak sekadar memberi panggilan, namun, juga selipkan harapan untuk masa depan anaknya. Hal itu membuat pemilihan nama menjadi momen yang tak bisa main-main.
Nah, jika memberikan nama untuk satu orang anak saja perlu berbagai pertimbangan, apalagi memberi nama untuk bayi kembar? Tapi tidak usah bingung, dilansir laman Parents, Anda dapat mengikuti tips berikut ini:
Ilustrasi bayi kembar
Ilustrasi bayi kembar (Foto: Shutterstock)
Tak Perlu Mirip
Tak sedikit orang tua yang memilih nama mirip untuk bayi kembarnya, seperti Rina dan Rani atau Akhsan dan Ikhsan. Ini memang terkesan manis dan serasi, namun, memilih nama anak kembar yang tidak terlalu mirip juga tidak apa-apa, lho.
ADVERTISEMENT
Idealnya, pilihlah nama yang sesuai untuk masing-masing bayi, meskipun tidak mirip. misalnya? Atau Mazaya dan Nadila? Boleh-boleh saja. Nama yang tak mirip kelak juga akan memudahkan teman-teman di sekitar mereka untuk membedakan dan menyapa mereka.
Ilustrasi lautan dan langit biru
Alam bisa jadi inspirasi saat memberi nama anak kembar (Foto: Pixabay)
Tetap Bertema
Meski tidak mirip, Anda dapat memberikan nama bayi kembar tetap dengan satu tema. Misalnya pilih nama Samudra dan Angkasa yang sama-sama bertema alam, Fajar dan Timur yang terinspirasi dari suasana pagi atau Luna dan Chandra yang artinya sama-sama bulan.
Jangan Terlalu Rumit
Tak sedikit orang tua kini yang memberikan nama yang cukup rumit atau terlalu panjang untuk anaknya. Hal ini seringkali menimbulkan banyak kesulitan di kemudian hari.
Entah itu kesalahan mengeja dan menulis di berbagai berkas, kesalahan panggil atau eja, kesulitan anak menyebut namany sendiri dan lainnya. Jadi pilihlah nama yang sederhana namun penuh makna untuk keduanya.
Ilustrasi anak kembar laki-laki dan perempuan
Ilustrasi anak kembar laki-laki dan perempuan (Foto: Pixabay)
Hati-hati Pilih Nama untuk Kembar Beda Kelamin
ADVERTISEMENT
Jika Anda punya anak kembar berbeda jenis kelamin, pastikan nama yang diberikan terdengar cocok untuk keduanya. Misalnya Leia dan Luke, Dimas dan Ayunda, Embun dan Banyu atau nama-nama lain yang bisa membantu orang lain dalam mengidentifikasikan masing-masing jenis kelamin anak Anda dengan mudah.
Ilustrasi anak kembar identik
Ilustrasi anak kembar identik (Foto: Pixabay)
Pilih Nama yang Seimbang
Karena bayi Anda kembar, memastikan masing-masing nama punya makna yang sama dalam dan sama-sama mudah disebut maupun dieja sangat penting. Jangan sampai yang satu namanya terlalu pendek, sedangkan yang satu panjang sekali. Atau yang satu terdiri dari 3 nama (nama awal, tengah, akhir) sementara yang satu hanya 2 nama saja.
Tidak mau kan, bayi kembar Anda kelak protes atau menuduh Anda tidak adil dalam memberi nama?
ADVERTISEMENT
Penulis: Nanda Saputri
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan