kumparan
1 September 2019 17:00

Tips Olah Buah Plum untuk jadi Makanan Bayi

makanan bayi
makanan bayi dari buah plum Foto: Shutterstock
Buah plum baik dijadikan makanan bayi karena merupakan salah satu buah yang sangat bergizi. Ya Moms, plum tinggi serat, rendah kolesterol, bebas natrium, dan kaya akan vitamin A, C dan Beta-karoten. Serat dan gula alami dalam buah plum juga berguna untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan si kecil.
ADVERTISEMENT
Kecuali bila memang ada pesan khusus dari dokter terkait makanan untuk si kecil terkait kondisinya. Namun umumnya, plum dianggap aman karena diketahui tidak menimbulkan risiko alergi yang tinggi.
Meski begitu, Anda tetap perlu cermat bila hendak mengolah buah plum jadi makanan bayi. Perkenalkan lah kepada bayi setelah usianya 6 bulan. Ingat Moms, sebelum usia 6 bulan bayi sebaiknya diberi ASI dan hanya ASI saja.
Lantas, bagaimana cara mengolah buah plum untuk jadi makanan bayi? Yuk, ikuti tips berikut ini:
buah plum
buah plum Foto: Shutterstock
Metode termudah dan paling efisien untuk membuat makanan bayi dari buah plum adalah mengukusnya jadi puree.
Caranya sederhana: kupas buah plum yang sudah matang, buang bijinya, potong-potong lalu kukus hingga lunak. Setelah itu haluskan dengan blender atau saringan.
ADVERTISEMENT
Bila kulit buah terlalu tipis saat hendak dikupas, cobalah membuat sayatan kecil lalu kupas kulit buah dengan jari. Anda juga bisa mengeruk daging buah plum dengan sendok, Moms.
makanan bayi
makanan bayi dari buah plum Foto: Shutterstock
Cara lain? Masukkan seluruh buah yang sudah dibersihkan ke dalam panci berisi air mendidih selama 5-10 menit, sampai buahnya lunak. Setelah itu, celupkan buah plum ke dalam mangkuk berisi air dingin, gulingkan dan lepaskan kulitnya dengan mudah. Baru kemudian potong, buang biji dan haluskan daging buahnya seperti bagaimana Anda mengolah buah lain untuk bayi. Bila perlu tambahkan ASI atau susu formula secukupnya.
Diberikan dalam potongan segar untuk camilan atau finger food bayi pun bisa! Buah plum juga cocok dicampur dengan apel, pir melon, pisang, yogurt bahkan ayam. Kreasikan saja supaya bisa jadi makanan bayi yang bervariasi. Bila ada sisa, puree buah plum bisa didinginkan lalu disimpan di dalam lemari es hingga 3 hari. Pastikan Anda menyimpannya dalam wadah bebas BPA yang tertutup untuk menjaga kesegaran dan keamanannya. Nah Moms, semoga si kecil suka ya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan