kumparan
8 Oktober 2019 10:00

Tips Olah Kacang-kacangan untuk Makanan Bayi

Ilustrasi Kacang-kacangan
Ilustrasi Kacang-kacangan Foto: Shutterstock/Liliya Kandrashevich
Kacang-kacangan merupakan satu dari sekian aneka bahan yang bisa disajikan sebagai makanan bayi. Selain lezat, jenis makanan ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, lemak, hingga protein yang baik untuknya, Moms.
ADVERTISEMENT
Contohnya, kacang merah yang mengandung zat besi untuk pembentukan hemoglobin yang bermanfaat dalam mencegah penyakit anemia defisiensi besi. Kandungan antioksidannya, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh si kecil. Dan kandungan magnesium berperan dalam menjaga kesehatan jantungnya.
Ilustrasi sayuran beku
Ilustrasi kacang polong Foto: Shutter Stock
Tapi, meskipun kacang memiliki banyak nutrisi, tak semua bayi bisa mengkonsumsinya, Moms. Anda baru bisa memberikan kacang sebagai makanan bayi, saat ia berusia 6 bulan dan tidak punya alergi terhadap kacang. Pasalnya kacang bisa menjadi alergen. Tanda alerginya ditandai dengan gatal-gatal, bersin, mata berair, hingga muntah.
Sebaliknya, bila si kecil tidak memiliki alergi dan sudah siap diberi kacang-kacangan, maka Anda bisa memberikannya. Pastikan Anda mengolahnya dengan benar, Moms. Lantas bagaimana caranya?
ADVERTISEMENT
“(Sebaiknya) dihaluskan, (kemudian) dimasak, setelah itu disaring lagi,” kata dr Jovita Amelia, Sp.GK, dokter gizi klinik dari Ciputra Hospital, Jakarta, saat dihubungi kumparanMOM belum lama ini.
Ya, Moms sebelum diberikan sebagai makanan bayi, pastikan Anda sudah merebus atau mengukus kacangnya terlebih dahulu. Kemudian bila si kecil baru di awal pemberian MPASI, Anda bisa membuat puree kacang untuknya.
Anda bisa menghaluskan puree kacang dengan menggunakan saringan. Bisa juga dihaluskan menggunakan blender dengan pengaturan waktu tercepat selama kurang lebih dua menit dan tambahkan sedikit air, sehingga memudahkan Anda saat memblendernya, Moms.
Kacang kedelai
Kacang kedelai Foto: Pixabay
Lebih lanjut, dr Jovita menambahkan, untuk anak yang usianya sudah lebih besar bisa diberikan secara langsung atau tidak harus dibuat menjadi puree.
ADVERTISEMENT
Kacang-kacangan sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari kacang hijau, kacang merah, hingga kacang kedelai. Andapun bisa mencampurkan kacang-kacangan dengan jenis makanan lainnya, seperti ubi hingga dada ayam untuk makanan bayi.
Selamat mengolah kacang menjadi makanan bayi, semoga si kecil menyukainya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan