Untitled Image
17 Agustus 2021 12:56
ยท
waktu baca 4 menit

Tips Pilih Buku Cerita untuk Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak

Pandemi membuat berbagai aktivitas kita jadi terbatas. Tapi jangan jadi patah semangat! Termasuk untuk urusan menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak. Salah satunya, lewat buku cerita yang dapat memperkenalkan keindahan alam Indonesia, keunikan budaya hingga nilai-nilai luhur bangsa pada anak.
ADVERTISEMENT
"Meskipun enggak bisa ke mana-mana, ke tempat yang jauh, jalan-jalan ke tempat wisata, namun setiap rumah punya jendela menuju daerah wisata. Setiap rumah punya jendela untuk membuka dunia. Setiap rumah dan keluarga punya jendela untuk paham keragaman budaya bangsa tanpa harus ke sana. Dalam bentuk apa? Mengenalkan keragaman, cinta tanah air dan bangsa melalui buku," ujar Roslina Verauli, Psikolog Anak dan Keluarga, mengenai hal ini.
Namun memilih buku cerita untuk anak pun bisa jadi tantangan tersendiri. Orang tua mungkin saja merasa bingung, buku cerita seperti apa yang tepat untuk si kecil --khususnya agar tumbuh rasa rasa cinta akan tanah airnya, Indonesia.
Tapi tenang Moms, coba ikuti tips memilih buku cerita untuk anak dari kumparanMOM:
ADVERTISEMENT

1.Pilih Buku yang Sesuai dengan Usia Anak

Tips Pilih Buku Cerita untuk  Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak  (14085)
searchPerbesar
Pentingnya memilih buku cerita yang sesuai dengan usia anak Foto: Shutterstock
Coba perhatikan usia dan kemampuan si kecil. Bila masih balita, buku dengan kalimat dan gambar sederhana untuk dibacakan kepadanya akan lebih cocok. Tentang anak harimau sumatera yang lucu mungkin? Atau tentang jajanan pasar khas Indonesia yang berwarna-warni?
Tapi bukan berarti balita tidak bisa diajak menikmati kisah tentang perjuangan pahlawan atau sejarah bangsa, lho. Yang penting sesuaikan saja dengan usianya.
Perlu dipahami juga Moms, kita bisa membagi buku cerita anak tiga tingkatan: buku yang harus dibacakan oleh orang dewasa kepada anak, buku yang dapat yang dapat dibaca oleh anak bersama orang dewasa, dan buku yang dapat dibaca sendiri oleh anak.

2.Pilih Beragam Buku untuk Anak

Tips Pilih Buku Cerita untuk  Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak  (14086)
searchPerbesar
Beri anak beragam buku cerita tentang Indonesia Foto: Shutterstock
Buku adalah jendela dunia. Tapi kalau 'pemandangan' yang dilihat anak dari jendela hanya itu-itu saja? Bosan dan sayang, kan?
ADVERTISEMENT
Itulah kenapa kita perlu memilih ragam buku cerita untuk anak. Beragam di sini maksudnya dari segi tema, jenis ilustrasi, konsep cerita, karakter, hingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Memang, kadang anak (terutama yang masih kecil) ingin membaca atau dibacakan buku yang sama berulang-ulang. Tapi orang tua juga perlu mendorong anak untuk membaca berbagai buku.
Bila hendak memilih buku yang "sangat Indonesia" misalnya, tidak harus melulu cerita rakyat lho, Moms! Bisa juga pilihkan anak buku tentang satu kota atau pulau yang belum pernah dikunjunginya, makanan khas satu daerah, kerajinan tangan atau alat musik tradisional, karakter dan nilai-nilai kearifan lokal, hingga tentang rempah-rempah khas Indonesia.

3.Pilih Buku dari Penulis atau Penerbit yang Dikenal.

Tips Pilih Buku Cerita untuk  Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak  (14087)
searchPerbesar
ilustrasi ayah membacakan anak buku cerita Foto: Shutterstock
Jika anak suka dengan buku cerita dari satu penulis atau penerbit, coba cari tahu buku lain dari penulis atau penerbit yang sama. Siapa tahu tak kalah bagusnya dan si kecil akan suka.
ADVERTISEMENT
Saat ini, ada banyak penulis dan penerbit buku cerita anak yang bagus-bagus lho, Moms. Tidak sedikit pula yang secara khusus menggarap buku-buku yang 'sangat Indonesia'.
Untuk bisa menemukannya, manfaatkan media sosial atau gunakan keahlian Anda berburu dan belanja di e-commerce.

4.Libatkan Anak saat Memilih Buku

Tips Pilih Buku Cerita untuk  Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak  (14088)
searchPerbesar
Ajak anak memilih buku bersama Foto: Shutterstock
Browsing buku anak di e-commerce, Instagram hingga Tik Tok? Libatkan lah si kecil. Orang tua bisa memilih beberapa buku terlebih dahulu, memperlihatkannya pada anak lalu minta anak memilih.
Saat ingin membeli buku tentang masakan khas daerah yang sangat beragam, misalnya. Tunjukkan pada anak, "Ada buku tentang kue yang berwarna-warni. Cantik ya, warnanya. Ada juga buku tentang sate lilit. Mirip sate yang sering kita makan, tapi terbuat dari ikan. Kamu mau yang mana, Sayang?"
ADVERTISEMENT
Dilibatkan saat memilih buku, akan membuat anak merasa dihargai dan bisa jadi lebih termotivasi untuk bisa segera membaca atau menyimak cerita di dalamnya.

5. Pilih Buku yang Dekat dengan Anak

Tips Pilih Buku Cerita untuk  Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak  (14089)
searchPerbesar
Pilih buku dengan plot cerita dan penggambaran karakter mirip anak. Foto: Shutterstock
Dekat di sini maksudnya pilih lah buku dengan penggambaran karakter yang mirip dengan dirinya maupun orang-orang di lingkungan terdekat anak. Kedekatan ini akan membuat anak tertarik dan lebih mudah menerima pelajaran atau nilai-nilai yang terkandung dalam satu cerita.
Begitu juga dengan plot ceritanya. Semakin dekat dengan keseharian atau peristiwa-peristiwa dalam kehidupan anak akan semakin baik!
Seperti apa contohnya?
Misalnya saat anak sedang gemar-gemarnya memelihara ikan, orang tua bisa memilihkan buku tentang kekayaan laut Indonesia. Katakan, "Di Raja Ampat, Papua, ada ribuan jenis ikan yang bagus-bagus sekali, lho. Nih, kita punya bukunya. Baca bersama, yuk?"
ADVERTISEMENT
Contoh lain, misalkan anak baru masuk sekolah dan bertemu banyak teman baru. Nah Moms, ini saat yang tepat untuk memilih buku cerita tentang keragaman masyarakat di Indonesia dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Orang tua bisa membacakan anak buku sambil menjelaskan, "Wah, ada yang sama kesukaannya, ada juga yang berbeda. Seperti teman-teman baru kamu di sekolah, nih! Berbeda itu biasa, kalian tetap bisa bermain bersama."