Tips Self-Care untuk Ibu Menyusui

28 Februari 2023 14:31
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutterstock
Ada banyak hal yang menjadi jadwal wajib bagi ibu menyusui, seperti kapan waktu menyusui si kecil dan waktu memompa ASI. Selain itu, ibu menyusui juga lebih banyak belajar tentang cara menyusui yang benar, seperti tentang posisi yang nyaman hingga perlekatan yang benar. Namun, ibu menyusui terkadang lupa untuk memedulikan dirinya sendiri.
Ya Moms, perawatan diri atau self-care menjadi hal penting bagi ibu menyusui agar kebugaran tubuhnya tetap terjaga dan ibu tetap bisa menyusui dengan lancar. Nah, berikut ini beberapa ide simpel untuk self-care yang bisa dilakukan ibu menyusui di rumah sebagaimana dikutip dari Verywell Family.

Ide Self-Care untuk Ibu Menyusui

Ilustrasi ibu makan di restoran. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu makan di restoran. Foto: Shutter Stock
1. Konsumsi Makanan yang Enak dan Bergizi
Selama masa menyusui, terkadang ibu jadi terlalu pemilih soal makanan. Mereka khawatir apa yang dikonsumsi jadi mempengaruhi rasa ASI. Padahal, tak ada salahnya jika sesekali ingin makan makanan enak atau makanan yang diidam-idamkan lho, Moms. Syaratnya, kebutuhan nutrisi ibu tetap harus terpenuhi selama menyusui.
Selain mengkonsumsi makanan bergizi, penting pula bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak agar tetap terhidrasi. Bila perlu, ibu juga bisa mengkonsumsi vitamin prenatal sesuai arahan dari dokter.
2. Diet Sehat
Setelah melahirkan, beberapa ibu mungkin ingin berat badannya turun dan bentuk tubuhnya kembali seperti sebelum hamil. Namun, upaya menurunkan berat badan terkadang jadi terasa sulit karena ibu menyusui harus tetap menjaga pola makan agar ASI-nya tetap lancar.
Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menurunkan berat badan selama menyusui lho, Moms. Penurunan berat badan dapat dilakukan secara bertahap selama menyusui dengan batas wajar 0,5 kg per minggu.
Sebagai asupan kalorinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang lebih sehat, misalnya mengurangi karbohidrat dan menambah asupan protein. Hindari mengonsumsi produk penurun berat badan yang tidak diresepkan oleh dokter ya, Moms.
3. Latihan Fisik
Ilustrasi wanita jogging. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wanita jogging. Foto: Shutter Stock
Selain diet sehat, menurunkan berat badan selama menyusui juga dapat dilakukan dengan melakukan latihan fisik. Ya Moms, mulailah dengan olahraga ringan atau sekadar jalan kaki di sekitar rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga selama masa menyusui.
  • Pastikan Anda menyusui atau memompa ASI sebelum olahraga agar payudara terasa nyaman,
  • Kenakan bra yang nyaman selama olahraga agar tidak menyumbat saluran AS
  • Nikmati momen olahraga Anda tanpa distraksi, misalnya melakukannya saat si kecil sedang tidur,
  • Konsumsi air putih lebih banyak untuk mengganti cairan yang keluar berupa keringat,
  • Mandi setelah olahraga untuk menghilangkan sisa-sisa keringat, terutama di bagian payudara.
4. Merawat Payudara
Selama masa menyusui, kelenjar montgomery atau benjolan kecil di areola akan mengeluarkan minyak alami yang berfungsi untuk membersihkan dan melembapkan puting susu. Minyak tersebut juga membantu untuk mencegah bakteri berkembang biak.
Jadi, Anda perlu lebih berhati-hati saat menggunakan sabun di area payudara agar minyak alami tersebut tidak berkurang. Gunakan sabun yang mengandung pelembap agar kelembapan di payudara tetap terjaga.
Selain itu, setelah selesai menyusui atau memompa, biarkan sisa ASI mengering sendiri karena ASI memiliki sifat anti-infeksi. Penting pula untuk sering mengganti bra untuk mencegah munculnya bakteri di payudara.