Mom
·
10 Juni 2021 12:00
·
waktu baca 2 menit

Yang Perlu Dipahami saat Beri Obat Semprot Hidung untuk Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Yang Perlu Dipahami saat Beri Obat Semprot Hidung untuk Bayi (31525)
Yang Perlu Dipahami saat Beri Obat Semprot Hidung untuk Bayi Foto: Freepik
Bayi yang mengalami hidung tersumbat, biasanya akan jadi rewel karena merasa tidak nyaman dengan saluran pernapasannya. Apalagi bayi belum bisa mengeluarkan ingus atau lendir di hidungnya sendiri.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, ada banyak cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Salah satunya dengan menggunakan semprotan NaCl yang bisa dibeli di apotek. Mengutip WebMD, obat ini bisa didapatkan tanpa resep dokter, namun jika Anda ragu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu.
Lantas, bagaimana sebaiknya cara memberikan obat semprot hidung bayi kepada bayi?

Cara Beri Obat Semprot Hidung untuk Bayi

Yang Perlu Dipahami saat Beri Obat Semprot Hidung untuk Bayi (31526)
Yang Perlu Dipahami saat Beri Obat Semprot Hidung untuk Bayi Foto: Freepik
Obat semprot hidung adalah salah satu cara yang bagus untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat, baik akibat pilek atau infeksi saluran pernapasan. Mengutip Very Well Family, obat ini juga dapat membantu membersihkan lendir di saluran hidung dan juga sinus, agar bayi bisa bernapas lebih mudah.
Bagi orang dewasa, penggunaan obat semprot hidung ini sangatlah mudah, namun akan sangat sulit jika diterapkan kepada bayi. Apalagi bayi akan mencoba menggeliat dan menepis benda yang masuk ke hidungnya.
Yang Perlu Dipahami saat Beri Obat Semprot Hidung untuk Bayi (31527)
Jadi, Anda harus bisa mencari cara terbaik untuk memberikan obat semprot ini kepada si kecil, Moms. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat akan memberikan obat semprot hidung kepada bayi seperti dikutip dari Parents:
ADVERTISEMENT
  1. Siapkan semprotan hidung, aspirator, handuk kecil, dan tisu di tangan.
  2. Memberikan obat semprot dan menyedot lendir akan lebih mudah jika kedua tangan Anda bebas. Jadi, baringkan bayi di pangkuan, dengan kepala bayi bersandar lembut pada lutut Anda, dan kakinya mengarah ke pinggang Anda.
  3. Semprotkan satu atau dua tetes obat semprot hidung dengan lembut ke dalam salah satu lubang hidung si kecil, dan diamkan selama beberapa detik agar larutan obatnya dapat melembapkan saluran hidung dan melonggarkan lendir.
  4. Kemudian, tutup lubang hidung bayi yang satunya menggunakan jari, sembari lubang hidung yang lain disedot menggunakan aspirator, supaya seluruh lendir di hidungnya bisa keluar.
  5. Buang isi aspirator ke handuk kecil, lalu gunakan tisu untuk menyeka kotoran dari hidung atau wajah si kecil
  6. Ulangi langkah 3 hingga 5 pada lubang hidung yang lainnya.
  7. Jangan menyentuhkan aplikator semprotan hidung ke bayi Anda untuk mencegah penyebaran kuman.
ADVERTISEMENT
Sudah cukup jelas, Moms? Jika memang sulit untuk melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan suami untuk menggendong si kecil. Sementara Anda yang melakukan tugas membersihkan hidung bayi.